Insights, Teaching Method

10 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Cara meningkatkan motivasi belajar – Banyak guru dan orang tua yang mengeluhkan penurunan motivasi belajar siswa saat pandemi, hal ini berdampak hingga saat ini, meskipun pembelajaran sudah dilaksanakan secara tatap muka terbatas. 

Penurunan motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak hal seperti kurangnya dukungan dari guru maupun keluarga, terjadi peningkatan pada cyberbullying, fleksibilitas untuk menggunakan gadget tanpa batas, model pembelajaran yang tidak inovatif, dan kemudahan untuk melalukan plagiasi dalam menjawab pertanyaan. 

Oleh karena itu, sekolah, guru dan orang tua harus bekerja sama untuk membantu membantu meningkatkan motivasi belajar siswa di saat pembelajaran tatap muka terbatas. Berikut ini adalah 10 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa 

1. Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan Ice Breaking

Ice breaking membantu untuk menarik perhatian siswa di dalam kelas. Mereka akan lebih fokus dan siap untuk mengikuti pembelajaran. Carilah kegiatan ice breaking  yang mudah untuk dilakukan. Bapak dan Ibu guru cukup siapkan 10-15 menit pertama untuk pemanasan. 

Kembalilkan Motivasi Siswa dengan Metode Ice Breaking

2. Berikan kebebasan kepada siswa untuk memilih

Minta siswa untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai gaya belajar atau output penugasan sesuai dengan yang mereka inginkan. Dengan begitu, siswa akan merasa punya pilihan dan kontrol atas tugas mereka. Tentunya hal ini akan meningkatkan motivasi siswa untuk melakukan hal yang mereka senangi. 

3. Gunakan platform yang interaktif

Di era digital ini, penggunaan platform interaktif sangat penting baik ketika online maupun offline. Hal ini akan membantu pendekatan antara guru dan siswa. Sehingga hubungan di kelas bisa berjalan lebih friendly. Terdapat berbagai platform pembelajaran yang bisa memenuhi kebutuhan guru baik untuk mengajar, membuat kuis, presentasi dan lain-lain. Temukan inspirasi 12 platform mengajar untuk guru disini.

4. Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran variatif 

Menurut data satgas COVID-19, 47% siswa merasa bosan saat belajar sejak pandemi dikarenakan bentuk pembelajaran yang kurang inovatif. Untuk meningkatkan motivasi belajar dan perhatian siswa, guru perlu untuk menggunakan bentuk pembelajaran campuran yang relevan dengan kegiatan sehari-hari siswa seperti mengundang praktisi, memanfaatkan sosial media, melakukan riset sederhana bersama, atau meminta siswa membuat proyek berdasarkan lingkungan mereka. 

5. Minta siswa melakukan refleksi 

Semua peserta didik memiliki keinginan untuk sukses di dalam kelas, namun tidak semuanya mengerti apa yang harus mereka lakukan untuk mencapai titik itu. Salah satu yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar mereka yaitu bantu mereka menemukan kekuatan dan kelemahannya. Dengan memahami diri mereka sendiri, siswa akan lebih termotivasi untuk mengasah kekuatan dan meminmalisir kelemahannya.  

6. Berikan feedback dan ruang untuk berkembang 

Siswa yang kurang dalam akademik akan lebih cepat merasa frustasi dan stres, dan berakhir pada penurunan motivasi belajar. Dalam situasi seperti ini, guru harus mampu memberikan feedback positif dengan menunjukkan apa yang salah dan bagaimana peserta didik bisa memperbaikinya. Siswa akan menjadi lebih memahami kemampuan mereka dan akan meningkatkan motivasi belajar lebih baik. 

7. Apresiasi ketika salah maupun benar 

Memberi apresiasi kepada peserta didik seharusnya berlaku bukan hanya kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan tepat, tetapi juga kepada yang mengajukan pertanyaan atau yang masih menjawab kurang lengkap. Apresiasi yang diberikan mendorong siswa untuk tidak takut menjawab. Jadi ketika pembelajaran dilaksanakan, siswa termotivasi untuk bertanyanya. 

8. Kolaborasi antar siswa untuk mendukung motivasi belajar

Buatlah kelompok-kelompok kecil dan tugaskan mereka untuk melakukan project based learning. Ketika bekerja kelompok, siswa cenderung lebih nyaman mengungkapkan ide, pendapat dan masukan satu sama lain.

9. Mengenal minat siswa-siswi

Tujuannya yaitu agar Anda bisa memberikan contoh yang relevan dengan keinginan mereka, sehingga topik pembahasan saat belajar menjadi lebih menyenangkan dan siswa termotivasi untuk aktif di kelas. 

10. Siswa ciptakan tujuan belajar

Mintalah siswa untuk mempersiapkan tujuan belajar dan output yang mereka harapkan dari pembelajaran tersebut. Lakukan review secara berkala dan bantu siswa untuk membuat jabaran dari langkah-langkah yang dapat mereka lakukan untuk mencapai tujuan yang sudah dibuat. 

Itulah 10 cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Tentunya peningkatan motivasi ini juga harus melibatkan berbagai pihak seperti lingkungan sekolah serta kerjasama orang tua dalam memberikan motivasi saat pembelajaran jarak jauh. Jangan biarkan anak berada pda situasi yang sama karena dampak di masa depan bagi si anak yaitu terjadinya learning loss. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.