Education, Facts, Insights

10 Jenis Literasi Yang Harus Diajarkan Di Sekolah

10 Jenis Literasi – Tahukah kamu literasi bukan hanya membaca, menulis dan aritmatika? 3 hal tersebut menjadi fundamental dasar sebelum seseorang memasuki perguruan tinggi atau memulai karir. Namun, jenis literasi di abad 21 ini banyak mengalami pembaharuan dan keterkaitan. Hal ini disebabkan karena karakter generasi Alpha dan Z saat ini berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. 

Jenis Literasi di sekolah
Berbagai Jenis Literasi di Sekolah

Berikut ini adalah 10 Jenis Literasi yang Harus Diajarkan di Sekolah: 

  1. Literasi Digital: Di jaman sekarang, buta digital hampir setara dengan buta huruf tradisional. Penggunaan perangkat digital seperti smartphone, tablet, dan laptop sudah menjadi kebutuhan primer. Mulai dari sekolah, bekerja, hingga hubungan pribadi dan pemanfaatannya secara menyeluruh dalam lingkup pendidikan. Sebagai contoh, saat ini kompetensi pedagogik diharuskan mampu mengoperasikan teknologi. 
  1. Literasi Visual: Saat ini, kita lebih banyak menerima informasi daripada abad sebelumnya. Kemampuan untuk memahami dan membuat video, foto, infografis dan jenis visual lainnya menjadi penting dalam keseharian maupun kesuksesan karir. 
  1. Literasi Data: Keputusan sekolah hingga cara belajar di kelas semuanya harus berdasarkan data bukan lagi asumsi dan opini. Peserta didik dapat mengakses sejauh mana mereka belajar, berapa persentase pemahaman. Guru lebih mudah menunjukkan apa saja yang perlu ditingkatkan oleh peserta didiknya, metode apa saja yang disenangi oleh siswa. Penggunaan data yang tepat dapat mendorong perubahan besar dalam pendidikan. 
  1. Literasi Media: Pembuatan serta cara konsumsi media hari ini berubah dengan cepat. Setiap orang harus mampu beradaptasi dengan format komunikasi baru seperti pesan instan, komunitas online, blog, sosial media dan lainnya. Tidak hanya itu, setiap orang juga harus paham dan bijak menyaring maupun membedakan pesan hoax dan bukan. 
  1. Literasi Video Game: Tidak selamanya video games membawa pengaruh buruk bagi siswa. Sebaliknya, permainan seperti Minecraft dan SimCity ternyata membantu peserta didik mengembangkan keterampilan motorik halus, kemampuan navigasi serta skill problem solving lho. Banyak pembelajaran di abad 21 ini yang juga menggunakan metode gamifikasi dalam penyampaiannya. 
  1. Literasi Kesehatan & Keuangan: Dua hal ini saling berhubungan. Keuangan yang stabil berpengaruh kepada keputusan seseorang untuk membuat pilihan yang sehat. Terdapat dua aturan sederhana dari literasi kesehatan dan keuangan yaitu: kita harus menghabiskan lebih sedikit daripada yang kita peroleh atau kita harus menambah sumber pendapatan sehingga tidak perlu menekan pengeluaran. 
  1. Literasi Kewarganegaraan & Etika: Salah satu tujuan besar presiden Indonesia adalah pembangunan karakter. Inilah mengapa literasi kewarganegaraan dan etika sangat penting. Setiap orang harus memahami hak & tanggung jawabnya sebagai warga negara dan bagaimana seharusnya kita bersikap kepada orang yang lebih tua. 
  1. Literasi Berita: Di zaman serba cepat dan digital ini, tantangan yang harus dihadapi adalah bijak memilih apa yang harus dipercaya. Literasi ini harus diajarkan sejak dini kepada anak-anak agar mereka belajar bukan hanya bagaimana menemukan dan membaca sumber bacaan, tapi juga memvalidasi dan mengevaluasi kebenarannya. 
  1. Literasi Coding: Faktanya memang tidak semua anak akan tumbuh sebagai seorang programmer, tapi setiap anak seharusnya mendapatkan gambaran bagaimana cara kerja sebuah komputer dapat membantu memecahkan masalah. Coding bukan hanya soal menulis kode, namun memikirkan pemecahan masalah dan apa dampak jangka panjangnya. 
  1. Literasi Dasar: Literasi ini adalah jenis literasi yang paling penting dari semua literasi diatas. Literasi ini terdiri dari kemampuan untuk menulis, menghitung dan sains. Sebanyak apapun jenis literasi yang ada, semuanya akan kembali ke struktur Literasi Dasar yang harus dikuasai sebelum literasi-literasi lainnya. 

Itu dia 10 jenis literasi yang seharusnya diajarkan di sekolah abad 21. Jenis literasi diatas ini juga penting lho untuk dijelaskan kepada peserta didik saat di kelas. Apakah sekolah kamu sudah memulai? Menurut kamu, jenis literasi manakah yang paling utama? 

2 thoughts on “10 Jenis Literasi Yang Harus Diajarkan Di Sekolah

  1. Om swastiastu 🙏
    Saya mau bertanya bagaimana solusi untuk bisa mengajarkan anak, yang terkadang menangis,malas untuk ngerjain tugasnya, walaupun sudah dirayu, dan segala macam,bagaimana orangtua harus menyikapi hal tersebut,terlebih kalau daring terkadang ada beberapa orang tua yang jadi ngerjain,terimakasih 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published.