Education

10 Kegiatan Kelas Virtual Menyenangkan Sebelum Libur Sekolah

Libur telah tiba, libur telah tiba~ Menjelang libur sekolah, Bapak dan Ibu guru mungkin ingin melakukan kegiatan yang menyenangkan dan berkesan sekaligus melepas penat di kelas. Kini, kegiatan di kelas bisa jadi lebih mudah dan seru dengan adanya pilihan kegiatan kelas virtual.

Beberapa kegiatan ini juga bisa dilakukan di dalam kelas kok sambil membagikan layar. Yuk, simak!

1. Kuis

Kuis kelas virtual

Permainan kuis selalu cocok dilakukan dalam kesempatan apapun. Bisa dilakukan saat kelas virtual atau online, maupun tatap muka. Siswa hanya membutuhkan pena dan secarik kertas untuk menulis jawaban. Sekarang, sudah banyak pilihan kuis online yang Bapak dan Ibu guru yang Bapak dan Ibu guru bisa pilih.

Tapi Bapak dan Ibu guru sudah tahu kuis yang satu ini belum? Cukup berbeda dari kuis pada umumnya, kuis “5 Besar” masih bisa dinikmati baik siswa SD atau mereka yang lebih remaja dan tengah duduk di bangku SMP/SMA.

Dalam kuis “5 Besar” setiap pertanyaan memiliki beberapa kemungkinan jawaban. Misalnya pertanyaan berupa “Sebutkan peralatan yang ada dalam kelas”, berikutnya siswa harus menjawabnya dengan 1 jawaban. Dalam kelas virtual, Bapak dan Ibu guru bisa meminta siswa untuk menunjukkan jawaban yang ditulis ke kamera.

Ketika semua siswa sudah menunjukkan jawabannya, Bapak dan Ibu bisa mengungkap jawaban 5 besar nya. Jika jawaban seorang siswa sama dengan salah satu yang tertera dalam jawaban 5 besar, maka mereka akan mendapat poin. Jika jawabannya tidak sesuai 5 besar, siswa tidak bisa mendapat poin.

Permainan kuis ini menyenangkan buat siswa karena memicu semangat kompetitif untuk menang jadi juara 1.

2. Menghubungkan kata

Menghubungkan kata juga bisa dengan mudah dilakukan dalam kelas virtual maupun tatap muka. Bapak dan Ibu guru juga tidak perlu repot karena kegiatan yang satu ini bisa dilakukan dengan persiapan minim. Lalu, bagaimana sih maksud permainannya?

Dalam permainan ini, Bapak dan Ibu tinggal memilih sebuah kata dan ajak siswa untuk menyebutkan kata lain yang berhubungan dengan kata tersebut.

Bapak dan Ibu bisa memulai dengan memberi satu topik, misalnya “Sayur-sayuran” dan minta siswa untuk menamakan sesuatu terkait topik tersebut. Siswa pertama yang tidak bisa memikirkan sebuah kata, atau menyebutkan kata yang sudah disebutkan sebelumnya akan dikenakan hukuman. Hukuman bisa berupa apapun yang ringan, seperti membuat wajah konyol, berjoget atau pun kehilangan poin.

3. Jelaskan dan gambar

Kalau yang satu ini cocok saat menjalankan kegiatan online. Tiap siswa membutuhkan pensil dan kertas untuk menggambar. Kegiatan ini juga merupakan cara yang bagus untuk melatih keterampilan dalam mendengar (listening skills).

Pertama, Bapak dan Ibu harus menemukan suatu objek yang nanti akan digambar oleh siswa dan menempatkan gambar tersebut di sisi yang tidak bisa dilihat kamera. Berikutnya, Bapak dan Ibu bisa mulai menjelaskan objek tersebut di mana siswa harus mendengarkan dan menggambar sesuai apa yang menurut mereka dijelaskan.

Ketika Bapak dan Ibu serta siswa sudah selesai, pinta siswa untuk menunjukkan gambar kepada siswa lain dalam kelas. Berikutnya, perlihatkan objek yang Bapak dan Ibu deskripsikan dan lihat gambar milik siapakah yang paling menyerupai objek Bapak dan Ibu guru. Setelahnya, Bapak dan Ibu juga bisa membiarkan salah satu siswa jadi yang memilih objek dan mendeskripsikannya. Permainan ini menyenangkan karena bisa jadi bahan tawa ketika melihat gambar-gambar yang lucu dan konyol dari teman sekelas.

4. Berburu

Pada kelas online, kegiatan main ini seru banget untuk dikerjakan lho, Bapak dan Ibu guru, terutama pada siswa yang duduk di bangku SD. Kegiatan main ini juga tidak memerlukan persiapan apapun. Untuk mulai bermain, pikirkan saja objek yang sekiranya pasti dimiliki siswa dalam rumah atau kamar mereka.

Sebutkan objek tersebut pada siswa, kemudian siswa harus pergi untuk menemukan obyek tersebut, kemudian kembali dan membagikan apa yang mereka temukan pada kelas. Misalnya, Bapak dan Ibu guru meminta untuk menemukan sesuatu yang berwarna oranye, atau menemukan alat tulis dalam bentuk tertentu.

Obyek-obyek yang dibawa siswa bisa bervariasi dan bahkan mungkin mengejutkan dan mengundang tawa sehingga bagus dijadikan kegiatan kelas virtual.

5. Lebih baik jadi …?

Menanyakan pertanyaan “Lebih Baik Jadi…?” merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan saat mengajar online dengan siswa dan jadi cara yang bagus untuk mempelajari karakter siswa. Bapak dan Ibu guru bisa menanyakan siswa dengan sederhana dan meminta mereka untuk menjawab secara langsung, ataupun meminta mereka untuk mengetiknya dalam kolom chat.

6. Simon says

Apakah Bapak dan Ibu guru familiar dengan kegiatan main yang satu ini? Permainan ini merupakan salah satu permainan klasik dalam kelas. Khususnya bagi guru yang mengajar Bahasa Inggris, Simon Says bisa jadi kegiatan main menyenangkan yang tepat! Untungnya lagi, permainan ‘Simon Says’ dapat diadaptasikan dengan mudah sebagai kegiatan main online.

Pertama-tama, ajak siswa untuk berdiri membelakangi kamera. Kemudian Bapak dan Ibu guru bisa mulai mengucapkan suatu tindakan yang diawali oleh “Simon Says…”. Misalnya Bapak dan Ibu guru mengatakan, “Simon Says touch your arms”. Jika guru mengawali kalimat dengan “Simon Says”, maka siswa harus melakukan tindakan tersebut. Jika tidak, siswa tidak seharusnya mengikuti instruksi dari Bapak dan Ibu guru. Siswa yang melakukan kesalahan akan dieleminasi dari permainan.

7. Buat Sebuah Cerita

Kegiatan ini sebetulnya sederhana, namun siswa Bapak dan Ibu guru akan mendapati siswa menceritakan sesuatu yang mengundang gelak tawa.

Bagaimana cara memainkan kegiatan ini?

Pertama, Bapak dan Ibu guru bisa memulai dengan sebuah cerita, namun jangan selesaikan kalimatnya. Misalnya Bapak dan Ibu guru mengatakan, “Pada suatu waktu, tinggal seorang anak….”. Kemudian, ajak siswa untuk menyelesaikan kalimat tersebut dan memulai kalimat berikutnya untuk cerita tersebut.

Perlu diingat, siswa jangan menyelesaikan kalimat yang disebutnya, namun siswa berikutnya lah yang harus menyelesaikannya. Jika mengajar online, Bapak dan Ibu guru bisa meminta siswa untuk mengetik kalimat mereka dalam kolom chat dan Bapak Ibu guru bisa membacakan cerita yang diterima di akhir.

8. Ajang Pencari Bakat Virtual

Buatlah jadwal khusus di mana siswa dapat menunjukkan bakat mereka ini. Mereka bisa menunjukkan bakat apapun yang pantas untuk diperlihatkan, misalnya memainkan alat musik, komedi stand up, mencontohkan keterampilan tertentu atau berbagi mengenai sesuatu yang merupakan ketertarikan siswa, dll. Beri tahu siswa sebelum jadwal yang ditentukan tiba, kapan waktu mereka bisa tampil agar siswa bisa melakukan persiapan.

9. Dua kebenaran, satu kebohongan

Kegiatan yang satu ini juga cukup populer, lho. Ajak siswa untuk membuat suatu pernyataan terkait sesuatu yang baru dipelajari, misalnya tokoh sejarah. Siswa kemudian bisa menyebut dua pernyataan atau fakta yang merupakan kebenaran, dan satu pernyataan yang merupakan kebohongan.

Kemudian mereka bisa membagikannya ke kelas dan lihat apakah siswa lain bisa menebak yang mana pernyataan yang tidak benar. Tidak hanya dilakukan untuk libur, kegiatan ini juga cocok untuk meninjau kembali pembelajaran.

10. Menari dan Mematung

Mainkan musik ketika siswa menari dan ajak siswa untuk diam mematung ketika musik berhenti. Kegiatan ini sangat cocok untuk membakar energi sekaligus mengistirahatkan otak.

Mau kegiatan kelas virtual nya jadi lebih seru? Bapak dan Ibu bisa memainkan musik yang saat itu sedang tren!

Itu dia 10 kegiatan kelas virtual seru untuk dilakukan menjelang liburan. Apakah ada yang menarik untuk Bapak dan Ibu guru lakukan? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.