Education

11 Ciri Software dan Aplikasi Manajemen Sekolah yang Baik.

Manajemen Sekolah merupakan aspek yang penting dalam sistem pendidikan. Banyak sekolah yang mulai mengadopsi maupun mempertimbangkan penggunaan software atau aplikasi manajemen sekolah untuk menawarkan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa dan mengelola fungsi-fungsi sekolah dengan lebih efisien.

Kini, memang cukup banyak tersedia berbagai aplikasi maupun software manajemen sekolah dengan berbagai fitur yang membantu efektivitas kegiatan sekolah. Guru, staf, dan pihak eksternal lainnya dapat berkolaborasi lebih mudah melalui satu platform yang tersentralisasi.

Agar dapat memilih yang terbaik, yuk lihat 11 ciri software dan aplikasi manajemen sekolah yang baik di bawah ini.

manajemen sekolah yang baik

Ciri-ciri Software dan Aplikasi Manajemen Sekolah yang Baik

1. Informasi Siswa

Baik itu kehadiran, pekerjaan rumah, hingga penilaian, informasi ini pasti bisa diakses oleh aplikasi atau software manajemen sekolah yang baik. Bapak dan Ibu guru bisa menggunakan fitur data siswa ini untuk memantau informasi dasar seperti nilai, alamat, serta informasi mengenai wali siswa dan jumlah saudara.

Selain itu, data lainnya seperti riwayat kesehatan siswa, informasi akun dan penagihan juga sebaiknya tersedia.

2. Informasi Guru

Tidak hanya informasi mengenai siswa, aplikasi manajemen sekolah yang baik juga mampu menyediakan informasi mengenai aktivitas guru di sekolah. Kemudahan untuk melihat jadwal guru, melaporkan file secara efisien sangat berguna untuk guru maupun siswa.

Guru juga bisa memanfaatkan data mereka untuk memantau detil-detil tertentu seperti jam kelas, perkembangan siswa, dan aktivitas kelas dari satu platform saja.

Apa saja contohnya?

  • Guru dapat masuk ke database dengan mudah dan dengan aman mengakses file atau catatan terkait sekolah, kelas dan aktivitas siswa.
  • Laporan kelas dapat diisi dengan cepat dan semua informasi mengenai kelas dan siswa dapat diperbarui sesuai kebutuhan
  • Guru dapat dengan mudah memberitahu wali siswa mengenai laporan siswa setelah terisi.

3. Fitur Komunikasi

Keberhasilan siswa dalam kelas juga banyak dipengaruhi oleh komunikasi yang efektif antar guru, orang tua, dan siswa.

Sistem manajemen sekolah umumnya memiliki portal khusus untuk orang tua yang dapat memfasilitasi proses komunikasi dengan mengirim SMS, pesan suara, ataupun e-mail, dimana media komunikasi ini dapat ditujukan untuk orang tua yang telah ditentukan maupun seluruh sekolah.

Dengan begitu, waktu yang diperlukan admin sekolah untuk mengirim pesan atau menghubungi orang tua lewat telpon bisa lebih efisien. Fitur penting lainnya termasuk adanya template tertentu yang dapat disimpan untuk waktu-waktu tertentu, misalnya untuk menyampaikan hari libur nasional, hari besar atau hari peringatan.

4. Akses untuk Orang Tua

Beberapa orang tua mungkin kesulitan untuk terus menerus memantau perkembangan dan aktivitas anak di sekolah, Namun dengan adanya akses untuk orang tua dalam sebuah software atau aplikasi manajemen sekolah, para orang tua pun juga bisa mendapat informasi mengenai perkembangan anak di sekolah.

5. Absensi Online

Manajemen absensi merupakan tugas administratif manajemen sekolah yang penting dan cukup memakan waktu setiap awal kelas dimulai. Terkadang, mungkin sulit bagi Bapak dan Ibu guru untuk mengelola proses absensi dan merekapnya secara akurat, apalagi ketika mengajar banyak kelas.

Namun kini absensi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah dengan adanya software manajemen sekolah. Bapak dan Ibu guru bisa mengelola absensi siswa tanpa kesalahan secara online dan juga membagikannya pada orang tua siswa.

6. Ujian Online & Penugasan

Terjadinya pandemi sejak 2020 lalu banyak mengubah bagaimana pembelajaran dapat dilakukan, seperti berpindah dari kelas tatap muka menjadi secara online. Karena itu, penting juga untuk dapat menyelanggarakan penugasan dan ujian online. Kelebihannya, penyusunan dan pendistribusiannya juga bisa lebih instan dan menghemat waktu.

Software Manajemen Sekolah yang baik sudah pasti dapat menunjang aktivitas ini. Umumnya fitur ini pasti sudah tersedia:

7. Analisa Penilaian

Penilaian dan evaluasi hasil tugas dan ujian siswa juga merupakan salah satu aktivitas yang menguras tenaga dan mental. Ditambah lagi, guru masih harus melakukan analisa untuk menentukan sejauh mana pencapaian siswa secara akademik. Aplikasi atau software manajemen sekolah yang baik umumnya sudah meliputi fitur-fitur di bawah ini:

  • Menilai ujian dan tugas siswa
  • Menyiapkan lembar nilai rata-rata mata pelajaran dan skor rata-rata
  • Peringkat siswa
  • Menyiapkan raport

8. Raport Online

Raport merepresentasikan kerja keras siswa selama tahun pembelajaran dan merupakan hal yang banyak ditunggu-tunggu. Bagaimana pun, penyusunan raport bisa terasa sebagai tanggung jawab yang menyita banyak waktu untuk guru dan para admin sekolah.

Software atau aplikasi manajemen sekolah dapat membantu guru dan pihak berwajib di sekolah untuk merampingkan proses pembuatan raport menggunakan data interaktif yang terkoleksi dalam sistem. Ditambah dengan informasi lainnya yang sudah tersedia seperti tentang kinerja siswa dalam kelas, kehadiran dan hasil ujian, data-data bisa saling melengkapi raport secara otomatis.

Bapak dan Ibu guru juga dapat meninjaunya terlebih dahulu sebelum finalisasi serta menyetujui raport, lalu membuatnya dapat diakses oleh orang tua dan siswa.

9. Manajemen Perpustakaan

Manajemen Perpustakaan Sekolah bisa jadi lebih sederhana dan efektif dengan fitur ini. Apa saja sih yang bisa dilakukan? Kelebihannya meliputi fitur yang dapat mencari, menemukan, pengadaan dan pengembalian buku. Laporan mengenai anggota, daftar masalah harian dan banyak lainnya.

Selain itu, ada juga yang menyediakan koleksi buku-buku pelajaran elektronik sehingga bisa diakses guru sebagai referensi bahan mengajar.

10. Kalender Akademik

Kalender akademik merupakan kebutuhan dasar bagi setiap warga sekolah. Software atau aplikasi manajemen sekolah yang baik sudah menyediakan fitur ini. Kalender akademik membantu untuk tetap terupdate mengenai acara, meeting, pekerjaan rumah, jadwal pelajaran, jadwal ujian, dll.

11. User-Friendly

Software atau aplikasi manajemen sekolah yang baik sudah pasti memudahkan pengguna dalam pemakaiannya. Platform yang baik memiliki desain yang telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga pengguna yang tidak memiliki banyak pengetahuan komputer pun dapat dengan mudah memanfaatkan fitur-fiturnya.

Sebaiknya, software/aplikasi juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah yang berbeda-beda.

Nah, itu dia beberapa ciri software dan aplikasi manajemen sekolah yang baik! Banyak dari fitur-fitur di atas juga telah dimiliki Learning Management System (LMS) KOCO Schools, lho. Kabar baiknya, calon pengguna juga bisa mendaftar secara gratis dengan mudah dan cepat.

Semoga ulasan ini membantu ya. Jika dirasa bermanfaat, silahkan bagikan juga artikel ini bagi yang membutuhkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.