Teaching Method, Teaching Resources

12 Aplikasi Mengajar untuk Guru yang Bisa Diakses Gratis [2022]

Selain bekerja, kegiatan belajar-mengajar di sekolah juga menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan secara daring atau online. Beruntung, saat ini cukup banyak aplikasi mengajar yang bisa digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. 

Tak hanya menyampaikan materi saja, ada juga aplikasi yang bisa digunakan untuk kuis dan belajar sambil bermain sehingga kegiatan belajar online tidak terasa membosankan dan jenuh. Mau tahu apa saja aplikasinya? 

Yuk, simak rekomendasi aplikasi mengajar yang bisa digunakan selama pembelajaran daring di bawah ini. 

Rekomendasi Aplikasi Mengajar

Zoom Meeting dan Google Classroom mungkin terdengar cukup familiar di telinga Bapak dan Ibu guru. Pasalnya, kedua aplikasi ini memang sering digunakan selama pembelajaran daring. 

Namun, sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa Bapak dan Ibu guru gunakan saat mengajar secara daring ini. Berikut beberapa rekomendasinya. 

Aplikasi Mengajar
12 Aplikasi Mengajar

Aplikasi Mengajar untuk Presentasi Interaktif

Untuk presentasi interaktif Bapak dan Ibu guru bisa memanfaatkan beberapa aplikasi berikut ini. 

1. Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis online dan publikasi yang sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula ataupun seseorang yang tidak memiliki latar belakang desain grafis. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam desain menarik, mulai dari logo, poster, infografis, hingga presentasi. 

Jadi, sangat cocok untuk Bapak dan Ibu guru yang harus menerangkan materi dengan cara presentasi, tapi tidak mau ribet membuat desainnya karena Canva sudah menyediakan lebih dari 8.000 template untuk berbagai jenis konten visual. Apalagi, Canva bisa diakses melalui perangkat desktop maupun mobile sehingga Bapak dan Ibu guru bisa menyelesaikan slide presentasi di mana pun dan kapan pun. 

Bapak dan Ibu guru tinggal mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store, kemudian log in dan aplikasi pun bisa langsung digunakan. Jika ingin mengakses semua fitur yang tersedia tanpa batasan, Bapak dan Ibu guru bisa menggunakan Canva versi berbayar. 

Khusus untuk Guru dan Siswa, Bapak dan Ibu bisa mendapatkan Canva Premium secara Gratis dengan mengikuti program Canva for Education. Baca selengkapnya disini.

2. Explain Everything

Aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan untuk membuat presentasi yang menarik dan unik di laptop, komputer, maupun smartphone. Sama seperti Canva, Bapak dan Ibu guru harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu di App Store atau Play Store sebelum menggunakannya. 

Explain Everything sebenarnya adalah aplikasi screencasting whiteboard interaktif yang telah digunakan lebih dari 2 juta murid, guru, para pemimpin perusahaan dan pelajar di seluruh dunia.

Tak hanya bisa membuat slide presentasi saja, tapi Bapak dan Ibu guru juga bisa menambahkan gambar, audio, video, dan animasi agar presentasi terlihat semakin menarik. Selain itu, Explain Everything juga menawarkan versi berbayar dan gratis yang bisa Bapak dan Ibu guru sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

3. Jamboard

Hadir untuk memudahkan kolaborasi secara real time antara guru dengan siswa, Jamboard merupakan aplikasi yang papan tulis digital yang dikembangkan oleh Google. Layaknya papan tulis konvensional, Jamboard bisa Bapak dan Ibu guru gunakan sebagai media untuk menjelaskan materi pembelajaran dengan cara menulis materi, menambahkan gambar, audio, dan informasi lainnya. 

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki aplikasi ini, yakni fitur pengeditan dan anotasi yang mudah digunakan, siswa dan guru bisa mengedit slide dalam waktu bersamaan, dan dapat diunduh dalam berbagai format (PDF, PNG, dan JPG) serta secara otomatis akan tersimpan ke Google Drive sehingga bisa dibagikan ke siswa untuk dipelajari kembali setelah kelas berakhir. 

Aplikasi Mengajar untuk Manajemen Kelas

Selain aplikasi untuk presentasi, guru juga memerlukan aplikasi yang dapat membantu manajemen kelas agar dapat berjalan lancar. Berikut rekomendasi aplikasinya. 

Baca juga: Manfaat Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Abad 21

4. KOCO Schools

KOCO Schools adalah aplikasi LMS (Learning Management System) asal Singapura yang resmi hadir di Indonesia sejak tahun 2020. Meskipun terbilang masih baru, tetapi fitur-fitur yang ditawarkan KOCO Schools sudah disesuaikan dengan pembelajaran di Indonesia. Dan yang terpenting, LMS ini bisa digunakan oleh guru atau sekolah secara GRATIS.

Kenapa harus KOCO Schools? Ini dia fitur lengkap aplikasi mengajar KOCO Schools untuk guru.

Aplikasi ini memudahkan guru saat harus mengirimkan tugas ke beberapa kelas sekaligus lengkap dengan penjadwalan otomatis sehingga ketika guru ada urusan diluar sekolah, tugas secara otomatis akan terkirim ke akun siswa. 

Selain itu, melalui fitur presentasi kehadiran, guru dapat merekap kehadiran siswa, baik di sekolah maupun di rumah secara bersamaan. Sementara, fitur ringkasan kinerja harian akan sangat membantu guru dalam menganalisis hasil kerja harian siswa dengan bantuan grafik interaktif. 

Tak hanya itu, Bapak dan Ibu guru juga bisa mengakses lebih dari 30,000+ bank soal dan fitur personalisasi dimana Bapak dan Ibu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan siswa yang berbeda-beda.

Setiap bulannya, Bapak dan Ibu guru akan diberikan akses ke pelatihan guru secara gratis dengan berbagai tema sesuai dengan kebutuhan pendidik.

5. Google Classroom

Sejak masa pandemi, aplikasi ini sangat populer di kalangan guru dan siswa. Pasalnya, Google Classroom menawarkan berbagai fitur yang mudah untuk digunakan secara gratis. 

Melalui aplikasi ini, Bapak dan Ibu guru bisa melihat siapa saja siswa yang belum menyelesaikan tugas dan memberikan nilai secara langsung. Selain itu, siswa juga dapat menerima materi dan mengumpulkan tugas melalui aplikasi dari Google ini. 

6. Edmodo

Aplikasi yang sudah hadir sejak tahun 2009 ini juga menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan pembelajaran secara daring. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru dapat membuat kelas dan kelompok belajar kecil seperti dikelas. 

Fitur Assignment yang disediakan oleh Edmodo juga memudahkan guru dalam memberikan tugas kepada siswanya. Dalam memberikan tugas ini, guru bisa mencantumkan file, dokumen, link, atau sumber lainnya yang ingin diberikan. 

Kemudian, ada fitur Gradebook yang membantu guru dalam merekap nilai siswa, fitur Award Badge untuk memberikan penghargaan kepada siswa atau kelompok yang berhasil mengerjakan quiz atau tugas dengan hasil sangat baik, dan berbagai fitur menarik lainnya. 

Aplikasi  untuk Kuis

Kegiatan belajar-mengajar rasanya kurang pas kalau tidak ada kuis. Nah, untuk membuat kuis, Bapak dan Ibu guru bisa memanfaatkan aplikasi mengajar untuk kuis di bawah ini. 

7. Quizziz

Dengan aplikasi ini Bapak dan Ibu guru bisa membuat permainan kuis interaktif agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Tak perlu khawatir, aplikasi ini tidak memungkinkan siswa untuk mencontek dengan temannya karena soal sudah diacak sehingga setiap soal yang diterima siswa satu dan lainnya pasti berbeda. 

Selain itu, siswa juga memiliki batasan untuk menjawab setiap soal sehingga mereka tidak memiliki kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau mencontek buku catatan. 

Bapak dan Ibu guru juga bisa memilih berbagai template kuis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari pilihan ganda (multiple choice), kotak centang (checkbox), mengisi bagian yang kosong (fill in the blank), poling, dan pertanyaan terbuka (open ended). Menarik, bukan?

8. Quizlet

Tak berbeda jauh dengan Quizizz, aplikasi Quizlet juga memungkinkan guru untuk membuat kuis dalam bentuk flash card, pilihan ganda, mengunggah video, mengunggah gambar, menambahkan pemformatan teks, dan lain sebagainya. Aplikasi mengajar untuk kuis ini sangat cocok diterapkan pada mata pelajaran bahasa ataupun mata pelajaran lain yang menekankan pada penguasaan kosakata baru. 

9. Wordwall

Aplikasi kuis berbasis permainan ini memiliki 18 jenis template permainan yang bisa diakses secara gratis, seperti roda acak, anagram, teka teki silang, dan masih banyak lagi. Permainan yang sudah dibuat dapat dibagikan melalui email, sosial media, dan Google Classroom.Siswa juga dapat mengunduh permainan yang sudah dibuat dalam bentuk PDF. 

Platform Mengajar Sambil Bermain

Belajar tanpa diselingi dengan permainan akan terasa membosankan dan jenuh. Karena itu, tidak ada salahnya sesekali Bapak dan Ibu guru mengajak siswa bermain di sela-sela waktu belajar, meskipun permainan dilakukan secara daring lewat aplikasi berikut ini. 

10. Kahoot

Aplikasi yang satu ini sangat mirip seperti lomba cerdas cermat di mana semakin cepat peserta menjawab, maka poin atau nilai yang didapatkan juga semakin besar. Soal yang dibuat juga dapat berupa video, gambar, dan pilihan ganda. 

Selain itu, siswa juga bisa langsung mengetahui jawaban yang benar dari setiap soal lengkap beserta penjelasannya.

Mulai gunakan Kahoot

11. Educandy

Platform mengajar untuk bermain ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan aplikasi Wordwall di mana Bapak dan Ibu guru memilih berbagai jenis permainan, mulai dari pilihan ganda, teka teki silang, dan sebagainya. 

12. Quizalize

Dengan aplikasi ini, guru dapat membuat kuis dalam bentuk pilihan ganda ataupun esai untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Hasil kuis akan muncul di Dashboard Guru dalam bentuk laporan data. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.