Education

15 Web dan Aplikasi Baca Buku Online Gratis. Legal dan Bermanfaat!

Bapak dan Ibu guru pasti sering mencari referensi bahan mengajar dari buku bukan? Untungnya, di zaman sekarang ini Bapak dan Ibu guru tidak harus selalu repot-repot lagi menumpuk atau membawa banyak buku karena kita sudah bisa membaca berbagai koleksi buku online gratis lewat situs web maupun aplikasi.

Mau tau di mana cari buku online gratis yang berkualitas? Simak ulasan di bawah ini!

Rekomendasi Buku Online Gratis

Aplikasi Buku Online Gratis

1. iPusnas

Aplikasi bernama iPusnas ini diluncurkan secara resmi oleh Perpustakaan Nasional Indonesia, lho. Tidak hanya berfungsi untuk peminjaman buku atau menelusuri bacaan yang diinginkan, lewat iPusnas Bapak dan Ibu guru juga bisa terhubung dan berinteraksi dengan sesama anggota perpustakaan.

Salah satu fitur yang unik dari aplikasi ini yaitu ‘ePustaka’. Melalui fitur ini, Bapak dan Ibu guru bisa menjadi anggota dari berbagai perpustakaan berbeda dalam satu waktu. Selain itu, ada juga fitur profil diri, feed untuk melihat aktivitas pengguna, tambah teman dan chat! Makin mirip sama media sosial, ya. Bapak dan Ibu guru bisa download aplikasi ini di Google Play maupun App Store.

2. iJakarta

Ada aplikasi resmi dari Perpustakaan Nasional Indonesia, ada pula aplikasi resmi lainnya milik Pemprov Jakarta dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Nama aplikasi ini adalah iJakarta. Tak kalah canggih, aplikasi ini juga menyediakan fitur media sosial juga sehingga pengguna bisa berinteraksi dengan satu sama lain.

Bapak dan Ibu guru bisa menyimpan buku-buku elektronik kepunyaan di sini, yang langsung bisa diakses dari aplikasi ini.

3. Gramedia Digital

Aplikasi Gramedia Digital

Kalau aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh salah satu retail buku paling ternama di Indonesia, lho. Pasti sudah bisa ditebak ya dari namanya. 😁

Ya, aplikasi perpustakaan digital ini dikembangkan oleh Gramedia Asri Media. Lewat aplikasi ini, pengguna dapat mengakses 100,000+ koleksi bacaan digital berupa buku, majalah, dan koran dari berbagai penerbit. Bapak dan Ibu guru juga bisa bernostalgia dengan adanya majalah atau koran edisi lama versi digital yang tidak tersedia edisi cetaknya lagi.

Banyak bacaan yang bisa diakses secara gratis, tapi ada juga yang berbayar. Agar bisa membaca seluruh koleksi yang tersedia di aplikasi ini, Bapak dan Ibu guru bisa berlangganan premium.

4. ePerpusdikbud

Aplikasi ePerpusdikbud

Nah, aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi perpustakaan digital lainnya milik Kemendikbud RI. Ada ribuan koleksi eBook yang sudah dilengkapi dengan fitur eReader sehingga pengguna bisa membaca dengan nyaman. Lebih seru lagi, Bapak dan Ibu guru bisa bergabung dalam komunitas yang didirikan, Komunitas Kemendikbud (Sahabat Perpusdikbud) dengan mendaftar lewat e-mail.

5. Learning Management System (LMS) KOCO Schools

Aplikasi Mengajar KOCO

Tak kalah dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Learning Management System (LMS) bisa menjadi opsi canggih untuk membantu Bapak dan Ibu guru mengakses berbagai buku digital untuk berbagai mata pelajaran. Salah satunya LMS KOCO Schools! Fitur-fitur yang disediakan LMS KOCO Schools sudah meliputi berbagai kebutuhan yang menunjang aktivitas mengajar Bapak dan Ibu guru. Misal penugasan, koleksi bank soal, jadwal kelas otomatis, absensi online dan evaluasi nilai siswa.

Tak hanya mengelola perpustakaan digital, pengelolaan kelas pun juga bisa terbantu sehingga lebih nyaman. Jika tertarik, Bapak dan Ibu guru bisa mendaftarkan diri di sini.

6. Adhyaksa Digital Library

Aplikasi Adhyaksa

Kejaksaan Agung ternyata punya aplikasi perpustakaan digital, lho. Nama aplikasi tersebut adalah Adhyaksa Digital Library. Aplikasi ini umumnya menyediakan buku-buku elektronik bertema politik, hukum, dan sosial.

Tentunya cocok untuk Bapak dan Ibu guru yang mengajar humaniora!

7. Handy Library

Aplikasi ini lebih tepatnya membantu mengelola buku elektronik yang Bapak dan Ibu guru miliki. Namun, fitur yang dimiliki juga dapat membantu untuk pemindaian ISBN, sehingga detail buku yang dipinjam bisa diketahui.

ISBN (International Standard Book Number) adalah deretan 13 angka unik pada buku-buku di perpustakaan, umumnya ditandai dengan barcode atau kode.

8. T-Perpus

Aplikasi T-Perpus

Gramedia punya satu aplikasi baca buku online lagi, yaitu T-perpus.

Berbagai kategori dan judul buku bisa Bapak dan Ibu guru temukan di sini. Beberapa koleksi bisa dibaca secara gratis, sementara yang lainnya bisa diakses dengan membayar. Setelahnya, Bapak dan Ibu guru bisa menyimpan dan membacanya kapanpun diinginkan.

Situs Web Buku Online Gratis

9. Project Gutenberg

Situs Project Gutenberg

Tahukah Bapak dan Ibu guru salah satu situs penyedia buku online gratis pertama, tertua, dan terlengkap di dunia? Ini dia situsnya, Project Gutenberg. Situs ini merupakan perpustakaan digital yang menyediakan 60,000+ buku elektronik. Tidak hanya untuk para pembaca biasa saja, situs ini memang menyediakan buku-buku elektronik untuk kalangan peneliti dan akademis.

Bapak Ibu guru bisa membaca koleksi buku-buku yang disediakan dengan memilih format epub gratis atau melalui Kindle. Selain itu, buku juga bisa diunduh atau dibaca langsung secara online.

Tersedianya banyak pilihan buku-buku literatur klasik di situs ini juga merupakan hal yang membuat Project Gutenberg unik. Karena diterbitkan ratusan tahun lalu, sebagian besar naskah asli literatur ini telah lenyap. Namun Bapak Ibu guru tetap bisa mengaksesnya secara legal dan tanpa dikenakan biaya di sini.

10. Buku Sekolah Elektronik (BSE)

Situs BSE

Bapak dan Ibu guru sudah akrab dengan situs yang satu ini?

Untuk Bapak dan Ibu guru yang sedang mencari bahan pembelajaran, situs ini tentunya pilihan yang tepat. Situs ini menyediakan berbagai buku mata pelajaran elektronik dari seluruh tingkatan kelas yang bersumber dari bsd.pendidikan.id. Paket yang disediakan pun lengkap, mulai dari kurikulum 2007 hingga kurikulum terbaru 2013.

Buku-buku ini juga bisa diunduh dalam format PDF tanpa biaya maupun dibaca secara langsung lewat situsnya.

11. Let’s Read

Situs Let's Read Asia

Situs yang satu ini khususnya menyediakan berbagai bacaan untuk anak-anak yang bermanfaat dari berbagai kategori. Buku-buku ini mengeksplor topik-topik penting terkait kesetaraan gender, iklim dan lingkungan, keberagaman, saling memahami, empati, hingga SAINTEK yang dikaji dengan menarik dan sederhana. Kerennya lagi, semua buku dapat diunduh dan dicetak secara gratis!

Let’s Read memang memiliki misi untuk menyediakan bacaan yang menyenangkan juga berdampak positif untuk anak-anak sehingga bisa tumbuh percaya diri dan berpikir kritis.

12. Manybooks.net

Lewat situs ini, Bapak dan Ibu guru bisa mengunduh 50,000+ buku elektronik gratis dengan berbagai format (ePub, PDF, Mobi, HTML, Pdb, Txt, dll). Pengguna bisa mencari buku berdasarkan judul, penulis, atau kata kunci tertentu.

Kategori buku yang disediakan pun juga termasuk luas. Terdapat banyak koleksi literatur klasik, sejarah dan biografi, fiksi ilmiah, nonfiksi, dll. Jika tidak mau mengunduh, Bapak dan Ibu guru juga bisa membacanya langsung di situs.

Didukung oleh organisasi nonprofit The Asia Foundation yang memiliki 18 kantor di kawasan Asia, situs ini juga menyediakan terjemahan dalam Bahasa Indonesia, bahkan beberapa Bahasa Daerah juga, lho! Bahasa tersebut antara lain Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Bali, Minangkabau dan Batak Toba. Wah, tentunya anak-anak bisa menambah wawasan sambil menanamkan identitas budayanya.

13. Buku e-LIPI

Situs e-LIPI

Buku e-LIPI menyediakan ribuan buku elektronik dan artikel ilmiah yang bermanfaat. Di sini terdapat berbagai ribuan buku elektronik yang dapat diunduh kapanpun. Literatur Bahasa Indonesianya mudah dipahami, dan yang paling penting Bapak dan Ibu guru tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mengunduh!

14. OAPEN Library

Situs OAPEN

Bagi Bapak dan Ibu guru yang mengajar humaniora, situs OAPEN Library banyak menyediakan buku-buku akademik pada topik tersebut. Kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi, sebab OAPEN Library menerapkan sistem peer review dimana buku-buku yang ditampilkan sudah pasti lolos uji baca para akademisi di bidangnya masing-masing.

15. Centlessbooks.com

Situs Centlessbooks

Tak hanya ribuan ebook, Bapak dan Ibu guru juga bisa mengakses ribuan audiobook secara gratis di sini. Banyak sekali berbagai pilihan buku yang bisa diakses secara gratis lewat Kindle. Ebook dan audiobook yang ada pun sudah dikelompokkan dalam berbagai kelompok kategori. Sebut saja SAINTEK, Politik dan Ilmu Sosial, Edukasi, Fiksi dan Literasi, Sejarah, hingga beragam genre buku populer!

Jika ingin mengunduh secara gratis, Bapak dan Ibu guru akan diarahkan ke halaman situs Amazon.

Nah, itu tadi rekomendasi aplikasi dan situs untuk baca buku online gratis! Adakah dari situs-situs ini yang pernah Bapak dan Ibu guru coba? Yuk komentar di bawah. Kalau artikel ini berguna, jangan lupa share untuk membantu banyak guru lainnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.