Insights, Teaching Resources

4 Pilihan Pelatihan Guru Mulai dari Gratis hingga Berbayar

Tak hanya mengajar di kelas, guru harus mengikuti pelatihan guru, baik yang diselenggarakan pemerintah maupun secara pribadi. Dilansir dari majalah Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud, guru adalah faktor penentu utama kualitas pendidikan, bahkan beberapa ahli mengatakan, 50 hingga 60 persen kualitas sekolah ditentukan oleh kualitas guru. 

Oleh karena itu, untuk meningkatkan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, guru perlu mengikuti pelatihan. Tak hanya itu saja, guru juga bisa mendapatkan manfaat dari mengikuti program pelatihan guru, antara lain menambah koneksi, meningkatkan produktivitas, dan mengembalikan semangat mengajar. 

Namun, Bapak dan Ibu guru juga harus memperhatikan topik webinar yang diadakan apakah relevan dengan kebutuhan Bapak dan Ibu. Jika tidak, lebih baik mencari yang lain dan lebih relevan dengan kebutuhan. Hal ini untuk menghindari burnout dan tentunya efektifitas peningkatan kompetensi guru dalam meningkatkan kinerja mengajar.

Baca juga tips mencari dan mengikuti program pelatihan guru yang tepat 5 Cara Mengembangkan Kompetensi Guru untuk Peningkatan Kinerja

Berikut ini adalah beberapa program pelatihan guru, mulai dari berbayar hingga gratis yang bisa dicoba. 

1. Guru Inovatif

Guru Inovatif.id adalah platform online learning bersertifikat untuk guru. Platform yang diluncurkan oleh Hafecs Indonesia bertujuan untuk memberikan edukasi terbaru mengenai teknologi, khususnya dalam dunia pendidikan dan beberapa metode pembelajaran menarik. Dengan begitu, guru-guru di Indonesia dapat memberikan ilmu yang mudah diterima oleh siswa-siswa Indonesia. 

Guru bisa mengikuti berbagai program pelatihan lewat kursus, webinar, dan sertifikat yang dilakukan secara online sehingga bisa diikuti oleh semua guru di Indonesia. 

Terdapat berbagai pilihan program pelatihan guru yang ditawarkan dengan dilengkapi jam pelajaran (JP) yang bervariasi , beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Online Certification 32JP

Kursus online premium bersertifikat 32JP ini terdiri dari video pengajaran dengan materi yang terstruktur, mulai dari jenjang TK hingga SMA. Sertifikat akan diberikan bila Bapak dan Ibu guru sudah menyelesaikan serangkaian program dalam Online Certification 32JP. 

Tak perlu khawatir, tugas bisa dikerjakan secara online di mana saja dan kapan saja. 

Berhubung kursus ini termasuk berbayar, jadi Bapak dan Ibu guru bisa mengakses kursus ini selamanya, termasuk apabila nantinya materi dalam kursus di-update ke versi terbaru. 

  • Productivity Course

Bapak dan Ibu guru ingin menambahkan berbagai keahlian baru? Kalau begitu, program productivity course ini adalah pilihan yang tepat. 

Kursus ini menyediakan materi yang berkualitas karena dibuat oleh mentor yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya dan dilengkapi dengan case study. Jadi, Bapak dan Ibu guru ada gambaran bagaimana cara menerapkan materi yang sudah dipelajari di kehidupan sehari-hari.

Kursus ini juga tersedia dalam bentuk gratis dan berbayar. Bedanya adalah Bapak dan Ibu guru hanya bisa menikmati seluruh video kursus dengan kualitas HD saja bila memilih productivity course yang gratis. 

Namun, bila memilih yang berbayar, Bapak dan Ibu guru bisa menikmati seluruh video kursus dengan kualitas HD, mendapatkan e-sertifikat senilai 4JP sekaligus bahan belajar. Harga yang ditawarkan berkisar dari Rp25.000 hingga Rp95,000 untuk setiap webinarnya.

2. e-Guru.ID

e-Guru.id merupakan sebuah website membership yang memberikan beragam fasilitas untuk menunjang peningkatan kompetensi akademisi baik guru, dosen, instruktur, essay writer, maupun pelaku pendidikan lainnya. Sama seperti Guru Inovatif, program pelatihan guru di e-Guru.id juga berbayar, tapi harga yang ditawarkan masih terjangkau. 

Adapun fasilitas yang bisa Bapak dan Ibu guru dapatkan dari mengikuti pelatihan guru di e-Guru.id, antara lain :

  • Pelatihan online bersertifikat 32 JP gratis untuk membership guru yang masih aktif setiap satu bulan 
  • Bisa mengikuti seminar online gratis setiap dua kali dalam satu bulan
  • Mendapatkan kartu anggota dalam bentuk digital yang bisa di unduh sendiri
  • Waktu pelatihan yang fleksibel tanpa takut terganggu dengan kegiatan lainnya
  • Program teacherpreneur

Namun, untuk menikmati semua fasilitas tersebut, Bapak dan Ibu guru diharuskan untuk mendaftar sebagai membership terlebih dahulu. Jika masih ragu, Bapak dan Ibu guru bisa mencoba pelatihan untuk non-member, tapi fasilitas yang didapat tentu terbatas. 

3. KOCO Schools Academy

Apakah Bapak dan Ibu guru mencari pelatihan guru yang gratis dan berkualitas? Kalau begitu program pelatihan guru dari KOCO Schools Academy ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. 

Melalui program Kelas Eskalasi, KOCO Schools Academy menyediakan pelatihan guru online sehingga bisa diakses oleh semua guru di Indonesia secara gratis setiap satu bulan sekali. 

Academy adalah wadah bagi para guru untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka melalui berbagai topik termasuk metode pengajaran, keterampilan mengajar, dan bagaimana menerapkan di kelas nyata yang ditawarkan bulanan, triwulanan dan melalui bulan penuh program pengembangan terbina.

Dalam pelatihan ini, Bapak dan Ibu guru para guru dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi melalui berbagai topik termasuk metode pengajaran, keterampilan mengajar, dan bagaimana menerapkan di kelas nyata. 

Tak hanya itu saja, Bapak dan Ibu guru juga bisa mendapatkan materi yang dipresentasikan oleh narasumber yang super keren dan berpengalaman, sertifikat 16 dan 32 JP, akses eksklusif produk KOCO, serta jaringan kolaborasi dengan guru di seluruh Indonesia.

Jadi, dengan mengikuti program pelatihan guru di KOCO Schools, Bapak dan Ibu guru tidak hanya mendapatkan ilmu dan skill baru saja, tapi juga networking baru sehingga bisa saling bertukar pengalaman sekaligus belajar satu sama lain. 

Jika tertarik mengikuti program pelatihan guru dari KOCO Schools Academy, Bapak dan Ibu guru bisa langsung berkunjung di website KOCO Schools. Untuk mendapatkan informasi mengenai waktu penyelenggaraannya dan tema pelatihan, Bapak dan Ibu guru bisa cek di media sosial KOCO School, ya. 

4. Guru Binar

Guru binar merupakan platform pengembangan karir guru yang bertujuan untuk memberikan akses pelatihan dan meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan yang terstruktur, terukur, sesuai dengan kebutuhan, yang memungkinkan peserta belajar kapan saja, dimana saja secara online (belajar swapacu). 

Platform yang dirancang oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) ini, memberikan akses pelatihan yang kontekstual dan aplikatif lengkap dengan sertifikat 128 jam pelajaran atau setara dengan 4 angka kredit.

Selain pelatihan guru, platform ini menyediakan berbagai program menarik lainnya, seperti Program Menulis Bersama, Program Pelatihan Bersama, dan Program Bootcamp. Program-program tersebut ada bisa diakses secara gratis maupun berbayar dengan harga mulai dari Rp100.000 hingga Rp499.000. 

Nah, itu dia program pelatihan guru yang bisa Bapak dan Ibu guru coba, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Tertarik untuk mengikuti salah satu program pelatihan di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published.