Education

5 Alasan Mengapa Guru Butuh Komunitas Guru

Bapak dan Ibu guru, sebagai tenaga pendidik, apakah Bapak dan Ibu pernah merasa kesulitan menemukan teman berbagi dan berdiskusi atau mendapatkan informasi tentang pelatihan guru? Jika ya, Bapak dan Ibu sebaiknya bergabung dalam komunitas guru sebagai wadah pengembangan diri dan jaringan sosial.

Seberapa penting sih menjadi anggota dalam Komunitas Guru? Ini dia manfaat yang Bapak dan Ibu bisa temukan:

Manfaat bergabung di Komunitas Guru
Guru di dalam komunitas

Manfaat Mengikuti Komunitas Guru

1. Mendapat dukungan

Komunitas merupakan tempat berbagi di mana para anggotanya dapat berbagi tentang keluh kesah maupun tantangan yang dihadapi.

Terutama pada Bapak dan Ibu yang baru mengajar, tentu masih belum memiliki banyak pengalaman dan masih kesulitan dalam menghadapi permasalahan dalam manajemen kelas, motivasi siswa, permasalahan perilaku siswa, perencanaan pembelajaran, atau yang lainnya.

Berbagi dengan rekan sesama guru dalam komunitas bisa menjadi salah satu solusi menemukan jawaban dengan cepat mengenai permasalahan yang dihadapi.

2. Inspirasi dari rekan sesama guru

Sebagai guru, mungkin Bapak dan Ibu punya cara unik tersendiri dalam menyampaikan pelajaran. Mungkin Bapak dan Ibu guru suka membuat kelas lebih interaktif dengan memanfaatkan teknologi mengajar, ataupun membuat personalisasi dalam pembelajaran.

Lewat komunitas guru, Bapak dan Ibu guru bisa tahu teknologi pendidikan terkini atau tips dan trik mengajar lainnya!

3. Meningkatkan kompetensi diri

Bapak dan Ibu guru ingin meningkatkan kompetensi dan karir sebagai guru? Kalau begitu, Bapak dan Ibu pasti tertarik untuk mengikuti pelatihan guru, mendapatkan sertifikasi atau sekedar mengembangkan aspek-aspek tertentu dalam mengajar.

Jika dilakukan sendiri, lambat laun Bapak dan Ibu mungkin akan kehilangan motivasi. Namun dengan komunitas aktif yang memiliki motivasi yang sama, Bapak dan Ibu bisa semakin terdorong untuk meningkatkan kompetensi. Tak hanya itu, bukannya tak mungkin Bapak dan Ibu guru juga bisa menginspirasi sesama guru lainnya!

4. Menemukan sosok mentor

Terutama untuk guru baru, di tahun-tahun pertama mengajar mungkin Bapak dan Ibu sering merasa bingung dan kehilangan arah. Hal ini wajar dialami, namun ketika menemukan tantangan atau pertanyaan terkait pembelajaran, sebenarnya penting lho, untuk mendapatkan panduan maupun pandangan baru ketika sedang merasa bingung dan kesulitan.

Menemukan mentor yang berpengalaman tentu menjadi sosok yang ideal bagi Bapak dan Ibu guru. Bapak dan Ibu guru bisa terhubung dengan sosok mentor ini lewat pelatihan guru yang diselenggarakan komunitas yang dapat menjadi pengalaman bermanfaat bagi satu sama lain.

Selain itu, Komunitas Guru biasanya memang menyelenggarakan banyak kegiatan yang membuka pintu lebar untuk mempererat jaringan untuk guru. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan oleh Bapak dan Ibu guru untuk berjejaring.

Bapak dan Ibu bisa mendapat dukungan dan saran dari seorang mentor, dan sebaliknya mentor juga dapat semakin berkembang secara profesional dengan refleksi kembali dari pengalaman-pengalamannya. Tak perlu ragu untuk menghubungi, umumnya para mentor pasti senang sekali untuk dapat membantu Bapak dan Ibu guru.

5. Wadah sosialisasi

Komunitas adalah pilihan yang tepat untuk membangun jaringan sosial. Komunitas guru menyediakan wadah bagi Bapak dan Ibu untuk berbincang dan berdiskusi dengan sesama. Pasti mengajar bisa lebih menyenangkan ya dengan mengenal banyak rekan dari seluruh Indonesia!

Komunitas Guru di Indonesia

Komunitas guru Indonesia
Komunitas Guru Indonesia

Bapak dan Ibu guru telah mengetahui manfaat bergabung di komunitas guru. Sekarang, komunitas apa yang cocok bagi Bapak dan Ibu guru untuk bergabung? Ini dia daftar pilihannya:

1. Komunitas Guru KOCO Indonesia

Bapak dan Ibu guru punya media sosial?

Supaya lebih bermanfaat, Bapak dan Ibu bisa mengikuti Komunitas Guru KOCO Indonesia yang ada di grup Telegram. Bapak dan Ibu guru bisa langsung bergabung dengan instan melalui tautan ini.

Komunitas Guru KOCO Indonesia sudah diikuti oleh 3000+ guru Indonesia di berbagai daerah, lho! Di komunitas ini Bapak dan Ibu bisa saling berdiskusi dan berbagi informasi atau pengalaman terkait pengajaran serta edukasi bersama guru lainnya. Bapak dan Ibu juga akan mendapat update rutin informasi tentang berbagai pelatihan guru berupa webinar, workshop, dll. bersama narasumber berpengalaman.

Yuk, ikut bergabung juga!

2. Komunitas Guru Pembelajar (SIM PKB) 2020

Jika Bapak dan Ibu guru juga aktif di Facebook, Bapak dan Ibu guru bisa gabung di komunitas yang satu ini. Komunitas Guru Pembelajar (SIM PKB) 2020 mulai aktif di tahun 2020 sebagai wadah sosial dan berbagi informasi  mengenai program pemerintah dalam mengupayakan pengembangan kompetensi sebagai guru.

3. Komunitas Guru Media Guru Indonesia

Media Guru Indonesia merupakan situs media online dengan grup komunitas yang juga aktif di media sosial Facebook juga. Berbeda dengan sebelumnya, tujuan Media Guru Indonesia yaitu untuk memotivasi guru memiliki kemampuan dalam bidang menulis, baik fiksi, maupun nonfiksi.

Kemampuan menulis memang salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki, apalagi untuk guru sebagai pendidik. Sayangnya, masih banyak guru yang kesulitan untuk menghasilkan karya tulis. Jika Bapak dan Ibu memiliki hobi atau ingin mengembangkan kompetensi menulis, Bapak dan Ibu bisa bergabung di komunitas ini!

Tak hanya itu, Bapak dan Ibu guru juga bisa mendaftar sebagai anggota khusus MediaGuru dan mendapat kartu anggota sebagai bukti anggota. Tak hanya sebagai identitas, kartu ini juga berfungsi sebagai kartu diskon di beberapa merchant mitra MediaGuru. Bapak dan Ibu bisa mendaftar dengan mengunjungi situsnya di sini.

4. Komunitas Guru Ikatan Guru Indonesia

Ikatan Guru Indonesia (IGI) telah disahkan oleh pemerintah tepat satu hari setelah Hari Guru Nasional tahun 2009 tanggal 26 November. Komunitas ini aktif mengadakan event pendidikan secara fisik maupun online, infonya bisa ditemukan dengan bergabung di grup Telegram IGI atau Facebook.

5. Komunitas Guru Era Baru (Guraru)

Bapak dan Ibu guru ingin mengasah keterampilan TIK? Guru Era Baru yang akrab dikenal sebagai “Guraru” merupakan komunitas yang memberi wadah bagi guru untuk belajar TIK mulai dari dasarnya. Psst, komunitas ini didirikan oleh produsen komputer Acer, lho. Jadi semakin yakin ya buat mendalami keterampilan TIK di sini.

Guraru juga aktif mengadakan berbagai kompetisi, webinar, workshop, dll untuk guru. Seru, kan!

6. Komunitas Guru Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO)

Selain Guraru, ada juga komunitas guru lainnya yang mewadahi guru dalam mengasah keterampilan TIK dan KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi), yaitu AGTIFINDO.

AGTIFINDO menyediakan berbagai artikel, update informasi dunia pendidikan dan pelatihan guru terkait keterampilan TIK. Jika ingin berbagung sebagai anggota, Bapak dan Ibu guru bisa mendaftar terlebih dahulu di situs AGTIFINDO.

7. Komunitas Guru Google Educators Group (GEG)

Jika mendengar namanya, mungkin Bapak dan Ibu guru terbayang komunitas yang berdiri pada akhir tahun 2014 ini diinisiasi perusahaan raksasa teknologi dunia, Google. Akan tetapi Google Educators Group (GEG) sebetulnya merupakan komunitas independen pendidik yang memfasilitasi guru untuk belajar dengan gratis dan juga menyenangkan agar bisa memenuhi kebutuhan siswa melalui teknologi.

GEG merupakan komunitas para guru yang mengadakan kegiatan pengembangan karir yang dikepalai oleh beberapa “Google Certified Teacher“, yaitu guru-guru yang telah mengikuti workshop pendidikan yang disediakan Google .

Bapak dan Ibu guru bisa tahu lebih lanjut mengenai GEG dengan bergabung di grup Facebook GEG.

Itu dia manfaat bergabung di Komunitas Guru serta pilihan-pilihan komunitas Guru yang Bapak dan Ibu guru bisa ikuti. Apakah Bapak dan Ibu guru tertarik atau sudah bergabung dalam komunitas guru? Silahkan bagikan pengalaman Bapak dan Ibu guru di kolom komentar 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.