Teaching Method

5 Alasan Pendidik Harus Ikut Pelatihan Guru

Pelatihan Guru – Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan tidak hanya mengubah cara kita bekerja, tapi juga mengubah cara kita belajar. Saat ini, siswa memiliki kemudahan dalam mengakses informasi sehingga mendidik mereka di lingkungan sekolah tentu akan lebih sulit dari sebelumnya. 

Sebab, siswa bisa mempelajari apapun yang mereka inginkan melalui video di youtube, kelas online, dan lain-lain melalui internet. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri untuk Bapak dan Ibu guru. 

Oleh karena itu, guru-guru diharapkan dapat mengembangkan keahlian dan meningkatkan kompetensi agar dapat mengikuti perkembangan teknologi saat ini sehingga penyampaian materi pelajaran bisa lebih efektif. Salah satu cara mengembangkan keahlian dan meningkatkan kompetensi guru adalah dengan mengikuti pelatihan guru. 

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengenai pentingnya pelatihan untuk guru. Apa saja itu? Berikut ulasan selengkapnya. 

Mengapa Guru Harus Mengikuti Pelatihan?

Guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan, bahkan, salah satu faktor keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kinerja guru. Maka dari itu, sekarang ini guru tidak hanya dituntut untuk menguasai materi saja, tapi juga mampu mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang ada.

Untuk bisa mengikutinya, guru perlu meningkatkan skill dan kemampuan dengan mengikuti pelatihan guru. Berikut beberapa alasan yang mendasari kenapa guru harus mengikuti pelatihan. 

1. Mampu menggabungkan antara teknologi dengan pembelajaran

Dengan mengikuti pelatihan, Bapak dan Ibu guru bisa mempelajari penggunaan teknologi dari narasumber atau mentor yang sudah ahli di bidangnya sehingga dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik untuk siswa. 

Apalagi, saat ini siswa lebih suka belajar online melalui aplikasi pembelajaran daripada ikut les atau bimbel (bimbingan belajar). Ini dikarenakan aplikasi tersebut sudah dirancang khusus agar dapat menyesuaikan pembelajaran dengan kemampuan siswa sehingga membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran. Seperti KOCO Quiz

Sebagai tenaga pendidik, Bapak dan Ibu guru bisa menggunakan aplikasi pembelajaran untuk melengkapi kegiatan belajar mengajar. Misalnya, dengan memberikan tugas yang mengharuskan siswa untuk menonton video akademik atau mengikuti ujian online melalui suatu aplikasi. 

Dengan cara ini, Bapak dan Ibu bisa memahami dunia siswa dengan lebih baik dan tidak gaptek (gagap teknologi).

2. Berfokus pada pengembangan keterampilan

Siswa saat ini tidak hanya dituntut untuk memiliki hard skill saja, tetapi juga soft skill yang baik agar mampu bersaing dan beradaptasi di lingkungan baru. Beberapa soft skill yang harus dimiliki siswa, antara lain manajemen waktu, berpikir kritis, dan kemampuan bekerja sama. 

Agar dapat mengembangkan hard skill dan soft skill siswa dengan baik, Bapak dan Ibu guru harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mengembangkan kedua skill penting tersebut. Dengan begitu, Bapak dan Ibu guru bisa membantu siswa untuk mengembangkan dan meningkatkan hard skill dan soft skill yang dimiliki. 

Bapak dan Ibu guru mengikuti pelatihan online secara mandiri maupun yang difasilitasi oleh sekolah atau pemerintah yang membahas bagaimana cara melakukan dan menerapkan latihan pengembangan keterampilan pada siswa. 

Yang perlu dicatat, tak semua pelatihan bisa diikuti lho Bapak dan Ibu. Pilihlah pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Baca juga 5 Cara Mengembangkan Kompetensi Guru untuk Peningkatan Kinerja

3. Menciptakan pembelajaran yang lebih efektif untuk siswa

Melalui pelatihan dengan topik seperti manajemen mata pelajaran, peningkatan pengetahuan mata pelajaran, dan manajemen kelas dapat memudahkan Bapak dan Ibu guru dalam menciptakan pembelajaran yang lebih efektif untuk siswa. 

Topik pelatihan peningkatan pengetahuan mata pelajaran akan membantu Bapak dan Ibu guru dalam mengikuti perkembangan terbaru dalam mata pelajaran yang diajarkan.

Topik pelatihan manajemen mata pelajaran dapat membantu Bapak dan Ibu guru dalam merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan silabus dan memutuskan materi mana yang perlu diprioritaskan dalam pembelajaran di kelas. Sementara, topik pelatihan manajemen kelas memungkinkan Bapak dan Ibu guru untuk lebih memahami dinamika kelas dan menciptakan ruang kelas yang kondusif untuk pembelajaran. 

4. Mampu mendidik generasi sekarang untuk masa depan yang lebih baik

Pelatihan guru akan membantu guru lebih mudah memahami teknologi yang berkembang saat ini. Dengan begitu, guru dapat memberikan arahan pada siswa agar dapat menggunakan teknologi dengan bijaksana untuk masa depan yang lebih baik. 

5. Menciptakan lingkungan belajar yang ramah teknologi dan positif

Pelatihan teknologi pada guru membantu mereka memahami kelebihan dan kekurangan dari sebuah teknologi, serta memberi mereka ruang untuk mengeksplorasi lebih banyak metode pengajaran inovatif dan menjelajahi berbagai jalur pendidikan baru.

Proses ini pada akhirnya akan menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan ramah teknologi. Lingkungan belajar yang positif dipercaya dapat menjamin kinerja yang lebih baik dari guru dan siswa.

Rekomendasi Pelatihan Guru Gratis dan Berbayar

Selain disediakan oleh pemerintah ataupun sekolah, Bapak dan Ibu guru juga bisa mengikuti pelatihan guru secara mandiri. Apalagi, sekarang sudah cukup banyak program pelatihan guru yang tersedia, baik secara gratis maupun berbayar.

Berikut adalah beberapa rekomendasi pelatihan guru yang mungkin bisa Bapak dan Ibu guru coba. 

1. Guru Inovatif

Guru Inovatif.id adalah platform online learning bersertifikat untuk guru. Platform yang diluncurkan oleh Hafecs Indonesia  ini bertujuan untuk memberikan edukasi terbaru mengenai teknologi, khususnya dalam dunia pendidikan dan beberapa metode pembelajaran menarik. 

Bapak dan Ibu guru bisa mengikuti berbagai program pelatihan lewat kursus, webinar, dan sertifikat yang dilakukan secara online sehingga bisa diikuti oleh semua guru di Indonesia. 

Terdapat berbagai pilihan program pelatihan guru yang ditawarkan dengan dilengkapi jam pelajaran (JP) yang bervariasi, seperti Online Certification 32JP dan productivity course. Nah, untuk mengikuti pelatihan guru di Guru Inovatif ini, Bapak dan Ibu guru bisa mengeluarkan uang mulai dari Rp25.000 hingga Rp95,000 untuk setiap webinarnya. 

2. Guru Binar

Selain Guru Inovatif, Bapak dan Ibu guru juga bisa mengikuti pelatihan guru di Guru Binar. Guru Binar adalah platform pengembangan karir guru yang bertujuan untuk memberikan akses pelatihan dan meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan yang terstruktur, terukur, sesuai dengan kebutuhan, yang memungkinkan peserta belajar kapan saja, dimana saja secara online (belajar swapacu).

Bahkan, platform ini tidak hanya menyediakan pelatihan guru saja, atau menyediakan berbagai program menarik lainnya, seperti Program Menulis Bersama, Program Pelatihan Bersama, dan Program Bootcamp

Sayangnya, tidak semua program bisa diakses secara gratis. Ada beberapa program yang berbayar dengan harga mulai dari Rp100.000 hingga Rp499.000.

3. KOCO Schools Academy

Jika Bapak dan Ibu guru mencari pelatihan guru yang gratis, tapi berkualitas, KOCO Schools Academy ini bisa menjadi pilihan yang tepat. 

KOCO School Academy sendiri merupakan wadah bagi para guru untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka melalui berbagai topik termasuk metode pengajaran, keterampilan mengajar, dan bagaimana menerapkan di kelas nyata yang ditawarkan bulanan, triwulanan dan melalui bulan penuh program pengembangan terbina.

Dalam pelatihan ini, Bapak dan Ibu guru dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi melalui berbagai topik termasuk metode pengajaran, keterampilan mengajar, dan bagaimana menerapkan di kelas nyata secara gratis.

Lebih lanjut, Bapak dan Ibu guru juga akan mendapatkan materi yang dipresentasikan oleh narasumber yang super keren dan berpengalaman, sertifikat 16 dan 32 JP, akses eksklusif produk KOCO, serta jaringan kolaborasi dengan guru di seluruh Indonesia.

Jadi, dengan mengikuti program pelatihan guru di KOCO Schools, Bapak dan Ibu guru tidak hanya mendapatkan ilmu dan skill baru saja, tapi juga networking baru sehingga bisa saling bertukar pengalaman sekaligus belajar satu sama lain. 

Jika tertarik mengikuti program pelatihan guru dari KOCO Schools Academy, Bapak dan Ibu guru bisa langsung berkunjung di website KOCO Schools. Untuk mendapatkan informasi mengenai waktu penyelenggaraannya dan tema pelatihan, Bapak dan Ibu guru bisa cek di media sosial KOCO School, ya.

Itulah beberapa alasan pentingnya Bapak dan Ibu guru mengikuti pelatihan guru. Selain mengikuti pelatihan yang disediakan oleh sekolah atau pemerintah, Bapak dan Ibu guru juga bisa mengikuti pelatihan secara mandiri, mulai dari yang gratis hingga berbayar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.