Insights, Teaching Method, Teaching Resources

5 Cara Mengembangkan Kompetensi Guru untuk Peningkatan Kinerja

Akhir-akhir ini kita seringkali mendengar kata kunci “kompetensi guru”. Berbagai program yang dilaksanakan oleh pihak pemerintah maupun swasta dibuat dengan tujuan peningkatan kompetensi guru. Kita semua setuju dengan perbaikan kualitas pendidikan yang #MulaiDariGuru. Namun apakah cara kita dalam meningkatkan kompetensi sudah tepat? 

Yang paling sering terjadi justru mengikuti semua webinar diartikan sebagai usaha peningkatan kompetensi. Sebenarnya yang dicari memang ilmunya? Atau justru hanya sertifikat? 

Hal ini perlu diluruskan, karena aktivitas peningkatan kompetensi juga haruslah tepat. Berikut ini adalah 5 Cara Mengembangkan Kompetensi yang Mendorong Peningkatan Kinerja:

1. Identifikasi area peningkatan kompetensi dan keterampilan yang ingin dikembangkan

Inilah pentingnya memiliki tujuan sebagai starting point. Dengan mendefinisikan tujuan yang ingin dicapai di awal, kamu akan lebih mudah mencari tahu bagian mana yang membutuhkan peningkatan.

2. Bergabung dengan grup atau komunitas yang relevan

Memiliki jaringan yang tepat itu penting. Misalnya, jika kamu ingin mengembangkan keterampilan powerpoint, bergabunglah dengan Komunitas PowerPoint dan ikuti diskusi dengan member lainnya. Memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman orang lain adalah salah satu cara tercepat untuk mengembangkan kompetensi lho. 

Taktik Mengembangkan Komunitas yang Perlu Diketahui - Uprint.id

3. Tantang diri sendiri melalui latihan berulang kali 

Cara efektif untuk mengembangkan kompetensi adalah dengan “mulai melakukan”. Walaupun kamu mengikuti 50 pelatihan kompetensi guru, jika tidak disertai tindakan, ilmu yang didapatkan akan sia-sia. Semakin banyak berlatih, semakin signifikan outcome dari latihan tersebut. 

15 Reasons to Challenge Yourself Every Day - Mamiverse

Baca juga:

4. Aktif meminta feedback

Inilah pentingnya menjalin networking dengan guru lainnya yang memiliki interest serupa. Mintalah satu sama lain untuk saling mengukur progress. Feedback berupa kritik atau masukan akan membantu kamu bertumbuh dan lebih mudah memetakan bagian yang kurang. 

Feedback Adalah : Mengapa Feedback Penting Dalam Proses Komunikasi Bisnis |  MARKEY

5. Ajarkan dan bagi ilmunya

Ketika kita mengajarkan sesuatu ke orang lain, itu artinya kita belajar dua kali. Mengajarkan dan memberikan ilmu ke orang lain akan membantu kamu untuk mengkonfirmasi apa yang kamu bagikan dan meningkatkan pemahaman tentang apa yang sedang kamu pelajari. 

TOP 6 beneftis of knowledge sharing | Easygenerator

Meningkatkan kompetensi artinya Bapak dan Ibu guru mampu menggunakan kompetensi tersebut untuk mencapai hal yang baru atau menciptakan pengalaman yang lebih baik. 

Pada dasarnya, tidak semua kompetensi harus dikembangkan dalam satu waktu bersamaan. Mulai dari 1-2 kompetensi yang paling dibutuhkan.

Karena tujuan kita bukan menjadi yang sempurna, tapi menjadi sedikit lebih baik dari banyak orang lainnya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.