Education, Insights, Teaching Resources

5 Ide Permainan Ice Breaking di Dalam Kelas

Ide Ice Breaking di Kelas – Memulai pembelajaran tatap muka setelah dua tahun belajar jarak jauh tentunya menjadi tantangan baru untuk guru dan siswa. Untungnya ada beberapa hal yang bisa guru lakukan untuk mencairkan suasana kelas dan membuat peserta didik merasa lebih bersemangat dan nyaman untuk belajar.

Sebelum pembelajaran dimulai, siapkan 10-15 menit pertama untuk mencoba beberapa aktivitas ice breaking dibawah ini untuk membantu memecahkan ketegangan dan rasa canggung. 

1.Berburu Alat Tulis
5 Ide Permainan Ice Breaking di Dalam Kelas

Pilihlah beberapa barang di dalam kelas dan deskripsikan barang tersebut dengan narasi baru. Minta siswa untuk menebak barang yang disebutkan. Permainan ini dapat membantu mereka mengenal dimana lokasi alat tulis beserta pendukungnya serta lebih peka dengan lingkungan sekitar. 

2. Tebak Hobby

Mintalah siswa menuliskan di kertas mengenai 3 pernyataan terkait diri mereka. 2 diantaranya harus berupa pernyataan yang salah. Setelah itu ajak beberapa dari mereka ke depan kelas dan minta siswa lain menebak 1 dari 3 pernyataan yang benar. Ice breaking ini akan mengajak siswa untuk mengenal keunikan satu sama lain.

3. Bola Bergilir

Siswa diminta untuk membuat lingkaran  berjarak. Setelah itu, guru melemparkan satu bola kepada siswa lainnya. Ajukan pertanyaan kepada siswa seperti “Jika kamu dapat pergi kemanapun di dunia ini, ke mana kamu akan pergi dan kenapa?”, pertanyaan ini dapat disesuaikan dengan preferensi guru. Setelah mereka menjawab pertanyaan, minta mereka melemparkan bola tersebut kepada siswa lainnya dan berikan pertanyaan baru yang berbeda.

4. Bikin Ceritamu

Aktivitas lain yang dapat mendorong partisipasi siswa adalah minta mereka bercerita. Guru dapat mengawali cerita dengan kalimat seperti 

Kemarin, saya pergi ke pasar dan melewati penjual sayuran, namun tiba-tiba…” Kemudian, mintalah siswa melanjutkan dan menambahkan cerita tersebut dengan syarat kalimat akhir yang digunakan harus TIBA-TIBA. Permainan ini mengajak siswa untuk berpikir kreatif.

5. Dinding Mimpi

Buatlah spot khusus di dalam kelas dan minta siswa menuliskan masing-masing tujuan yang ingin mereka capai di dalam kelas pada selembar sticky notes. Setelah semua selesai, tempel ini pada dinding yang sudah ditentukan dan jelaskan kepada mereka bahwa tujuan tersebut menjadi tanggung jawab semua orang. 

Nah itulah dia 5 referensi yang bisa dilakukan oleh guru untuk mengembalikan suasana canggung siswa di saat kembali PTM. Contoh ice breaking diatas juga membantu siswa untuk siap memulai pembelajaran dan termotivasi untuk ikut terlibat selama 1-2 jam kedepan untuk mulai belajar. Siswa senang, guru pun tenang. Setujuuu? 

Leave a Reply

Your email address will not be published.