Education

5+ Rekomendasi Aplikasi Rapor Online & Penilaian untuk Guru

Bapak dan Ibu guru, pernahkah menemukan kesulitan dalam melakukan penilaian pada siswa atau merekap rapot ketika akhir tahun pelajaran? Membuat rapor siswa merupakan kegiatan yang memakan waktu, terlebih lagi bagi Bapak dan Ibu yang mengampu lebih dari satu kelas. Jangan khawatir, sebab Bapak dan Ibu guru bisa lho membuat rapor online sehingga prosesnya lebih efisien dan tidak pusing lagi mengelola nilai dan mengisi laporan pada banyak kolom dan baris.

Ini dia aplikasi rapor online dan penilaian untuk membantu Bapak dan Ibu guru!

Aplikasi Rapor Online

1. MySCH

Rapor Online MySCH
Aplikasi Rapor Online MySCH

MySCH awalnya merupakan penyedia layanan pembuatan website sekolah gratis. Namun kini MySCH juga menawarkan aplikasi raport online E-Raport untuk mempermudah pembuatan dan pendistribusian rapor. 

Beradaptasi dengan perkembangan zaman, E-Raport MySCH dapat diakses dari mana saja menggunakan laptop hingga handphone. Bapak dan Ibu guru bisa dengan mudah mengecek nilai antar siswa dan membuat ranking, meminimalisir human error karena bantuan sistem komputer, mendistribusikan pada siswa dan orang tua. Aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan website sekolah Bapak dan Ibu.

Biaya yang ditawarkan untuk menggunakan palikasi ini pun juga sangat terjangkau, mulai dari Rp2500 untuk sekali pakai dan Rp5000/tahun.

2. Aplikasi Rapor K13 Kang Martho

Rapor Online Kang Martho
Aplikasi Rapor Online Kang Martho

Aplikasi ini dibuat oleh guru asal Lumajang, Pak Umar Tholib atau disebut juga Kang Martho. Mungkin Bapak dan Ibu juga familiar dengan aplikasi ini karena banyak guru-guru di Indonesia yang menggunakannya.

Terintegrasi dengan excel, keunggulan aplikasi yang khususnya dibuat untuk siswa bangku SD kelas 1-6 dari semester 1 dan 2 ini ada pada format template yang sudah ada dan mudah untuk diisi.

3. Aplikasi Rapor ARASBE

Aplikasi yang dibuat guru asal Bali Pak I Made Rai Sentanu, S.Pd ini juga bisa jadi pilihan Bapak atau Ibu guru. Tak hanya mudah digunakan, aplikasi ini juga sudah dilengkapi rapor tengah semester, rekap nilai, grafik capaian dan piagam penghargaan.

Keunggulannya ada pada hal berikut:

  1. Sesuai dengan juknis penilaian terbaru
  2. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar disesuaikan dengan Permendikbud 37 Tahun 2018
  3. Pemetaan KD sudah sesuai Buku Revisi Terbaru 2017/2018
  4. Mudah untuk digunakan atau diaplikasikan dalam pembelajaran
  5. Cocok untuk digunakan untuk sekolah yang baru menerapkan Kurikulum 2013

4. Aplikasi Rapor K13 – Nurhayati Mualif

Aplikasi Rapor Online Nurhayati M.

Dibuat dan dibagikan oleh Bu Nurhayati Mualif di blog pribadinya, aplikasi rapor untuk siswa SD ini nyaman digunakan dan memudahkan pengelolaan nilai. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan menarik yaitu piagam penghargaan untuk siswa yang meraih peringkat kelas.

5. e-Rapor SMP

Pada bulan November tahun 2017 lalu, Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merilis aplikasi E-Rapor SMP versi 2.2.

Aplikasi e-Rapor SMP versi 2.2 ini juga telah mengakomodir Kebijakan Merdeka Belajar, seperti memfasilitasi sekolah yang mengerjakan pembelajaran serta penilaian berdasarkan Kompetensi Inti (KI) serta Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran terhadap Kurikulum 2013 secara utuh.

Manfaat dari aplikasi ini ada pada kemudahan perencanaan tugas serta mengolah dan menganalisis hasil penilaian. Hasil raportnya juga siap cetak danhasil penilaian peserta didik pada orang tua atau wali murid sampai disinkronisasikan ke dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Aplikasi Penilaian Siswa

1. KOCO Schools

KOCO SCHOOLS
Aplikasi penilaian dan rapor online KOCO Schools

Butuh aplikasi penilaian dan aplikasi rapor online dalan satu akses? Ini jawaban untuk Bapak dan Ibu guru!

KOCO Schools merupakan penyedia Learning Management System (LMS) untuk membantu guru mengajar lebih mudah dan efektif. Dalam LMS KOCO Schools, Bapak dan Ibu guru akan terbantu dengan berbagai fitur penting dalam mengajar, termasuk penilaian nilai siswa!

Tak hanya itu, guru dapat mengakses perkembangan belajar siswa serta mengevaluasi hasilnya secara langsung dalam bentuk grafik interaktif perkembangan siswa. Fitur penilaiannya juga sudah dilengkapi anotasi sehingga Bapak dan Ibu bisa langsung memeriksa nilai siswa dan memberi koreksi saat menggunakan LMS KOCO Schools.

Untungnya lagi, KOCO Schools bisa digunakan via browser sehingga tidak menghabiskan memori dan tentunya lebih hemat kuota. Tertarik untuk mendaftar? Bapak Ibu guru bisa langsung buat akunnya gratis di sini.

2. Plickers

Aplikasi Penilaian Online
Aplikasi Penilaian Plickers

Aplikasi plickers adalah aplikasi berbasis android yang digunakan untuk membuat penilaian secara formatif yakni dengan menggunakan sebuah kode. 

Bagaimana cara kerjanya?

Menggunakan aplikasi ini, guru akan memberikan pertanyaan kepada siswa yang kemudian siswa yang sudah menjawab diminta untuk menahan jawaban tersebut yang kemudian akan dipindai dengan cepat melalui Plickers.  Selain untuk membuat penilaian secara formatif aplikasi ini juga dapat  memberikan pertanyaan pilihan ganda mendeteksi kebutuhan serta pemahaman siswa.

Aplikasi ini juga bisa digunakan gratis lho.

3. Formative

Aplikasi Penilaian Formative
Aplikasi Penilaian Formative

Serupa dengan Plickers, sesuai namanya aplikasi Formative juga merupakan aplikasi berbasis android yang digunakan untuk membuat penilaian formatif. Perbedannya dengan Plickers yaitu penilaian dilakukan secara real-time yakni dengan cara guru memberi tugas pada siswa, kemudian siswa menjawab melalui aplikasi tersebut. Kemudian, guru akan memeriksa jawaban siswa dan dapat memberikan feedback secara langsung. 

Uniknya lagi, aplikasi Formative juga dapat menguraikan jawaban siswa dengan gambar, video, ataupun tulisan lainnya

4. ZipGrade

Aplikasi Penilaian ZipGrade
Aplikasi Penilaian ZipGrade

ZipGrade merupakan sebuah aplikasi berbasis android untuk membuat penilaian dengan fitur gradasi yakni dengan sinkronisasi kotak pada lembar gradasi dengan kotak yang ada pada aplikasi sehingga guru tidak perlu menggunakan kode atau alat pemindai untuk mengetahui hasil pencapaian peserta didik. Selain itu melalui ZipGrade, siswa dapat langsung menerima feedback penilaian dari skor yang didapatkan setelah mengerjakan soal.

5. Kahoot

Aplikasi Penilaian Kahoot

Kahoot merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat kuis berbentuk pilihan ganda secara online dan mengoreksi jawaban siswa secara langsung. Untuk mengerjakan soal guru harus memberikan PIN kahootnya kepada siswa setelah selesai mengerjakan kemudian guru dapat mengoreksi jawaban siswa secara langsung.

Dengan adanya aplikasi raport online, guru dapat membuat nilai raport dari perangkat (komputer atau laptop) masing-masing, sehingga pekerjaan pembuatan nilai raport menjadi lebih cepat terlaksana dan lebih fleksibel dikerjakan di mana pun dan kapan pun. Dengan demikian pelayanan kepada orang tua dan wali murid khususnya terhadap penyajian laporan hasil belajar akan semakin meningkat dan dapat dicapai dengan tepat waktu tanpa harus melakukan lembur yang berlebihan setiap akhir semester ketika proses pembuatan raport sedang berjalan.

Nah itu dia rekomendasi aplikasi rapor online dan penilaian yang Bapak dan Ibu guru gunakan untuk mempermudah pengelolaan data dan efisiensi waktu. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.