Education

6 Rekomendasi Aplikasi Mengajar dengan Fitur Bank Soal untuk Guru

Selain menyampaikan materi di kelas, guru juga harus membuat soal ujian atau kuis untuk para siswa. Dalam kondisi tertentu, terkadang tak jarang guru merasa kebingungan saat membuat soal. Beruntung, saat ini cukup banyak aplikasi mengajar yang menyediakan berbagai contoh soal dengan tingkat pendidikan yang berbeda-beda. Ada yang untuk SD, SMP, hingga SMA. 

Simak juga 12 Aplikasi khusus Mengajar untuk Guru lainnya

Ini tentu akan sangat membantu Bapak dan Ibu yang sedang kebingungan saat harus membuat soal ujian atau latihan. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi mengajar dengan fitur bank soal yang bisa Bapak dan Ibu guru manfaatkan. 

Aplikasi Mengajar dengan Fitur Bank Soal 

Fitur bank soal pada aplikasi mengajar ini bisa Bapak dan Ibu guru gunakan sebagai referensi ketika bingung harus membuat soal ujian atau latihan. Lalu, apa saja aplikasi mengajar dengan fitur bank soal di dalamnya? Berikut daftar selengkapnya.

1. KOCO Schools

Fitur LMS KOCO Schools dilengkapi dengan 30,000+ bank soal yang dinamakan KOCO Quiz. Soal yang diberikan yaitu menyesuaikan dengan Kurikulum 13 dan tersedia untuk jenjang SD, SMP dan SMA.

Berbeda dengan bank soal lainnya, fitur KOCO Quiz ini sudah dilengkapi dengan smart machine dimana guru bisa melakukan personalisasi terhadap siswanya. Kuis dilengkapi dengan 3 fitur utama yaitu:

  • Memilih topik pembelajaran yang ingin di konversi menjadi kuis
  • Mengatur tingkat kesulitan soal (Easy, Medium, dan Hard) dan format soal (Pilihan Ganda dan Essai)
  • Mengatur jadwal pengiriman kuis otomatis dan mengaktifkan batas waktu pengerjaan

Tentunya smart fitur ini selain memudahkan Bapak dan Ibu guru, juga membantu meningkatkan kompetensi siswa dan membantu siswa yang lemah pada topik tertentu. Bank soal ini lebih mudh

Bapak dan Ibu guru bisa mendapatkan fitur ini gratis dengan mengisi form pada link ini KOCO Quiz.

2. Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Sebagai aplikasi pembelajaran daring, Rumah Belajar menyediakan bank soal mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB (Sekolah Luar Biasa) yang disajikan dalam bentuk audio, video, gambar, dan animasi. 

Bahkan, materi pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga tersedia di dalam aplikasi gratis ini. Kumpulan soal-soal yang terdapat di Rumah Belajar Kemendikbud dibuat oleh guru-guru di Indonesia yang sudah terdaftar di Rumah Belajar. 

Jika penasaran dan ingin tahu siapa guru yang sudah membuat soal tersebut, bisa membuka salah satu daftar mata pelajaran, lalu akan muncul nama gurunya. 

Aplikasi Mengajar
Infografik Aplikasi Mengajar Bank Soal
3. Kelas Pintar

Aplikasi mengajar dengan fitur bank soal berikutnya adalah Kelas Pintar. Aplikasi ini cukup populer, bahkan sudah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna Android.

Pada fitur bank soalnya, kelas pintar menyediakan kumpulan soal-soal mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA dalam bentuk HOTS (High Order Thinking Skills), Tanya Jawab, dan VBQ (Value Based Questions).

Selain itu, Bapak dan Ibu guru juga bisa memanfaatkan fitur Quiz, yaitu kumpulan soal-soal latihan yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. 

Sayangnya, untuk menikmati fitur bank soal dari Kelas Pintar ini, Bapak dan Ibu guru harus berlangganan terlebih dahulu dengan biaya Rp200.000 untuk satu bulan atau Rp1.000.000 untuk 12 bulan. 

4. Klassku

Klassku merupakan aplikasi bank soal yang menyediakan ribuan soal lengkap dengan pembahasannya. Aplikasi ini juga bisa Bapak dan Ibu guru gunakan sebagai referensi saat bingung membuat soal ujian atau latihan. 

Bank soal di Klassku sudah dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur latihan seperti Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk memastikan siswa sudah paham betul materi yang dipelajari. 

Namun, saat ini Klassku hanya menyediakan bank soal untuk tingkat pendidikan SMP dan SMA saja dengan pilihan mata pelajaran IPA (Fisika, Kimia, Biologi), Matematika, Sejarah, Bahasa Indonesia, dan masih banyak lagi. 

Bapak dan Ibu guru bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store secara gratis. Sementara untuk pengguna iPhone, saat ini aplikasi Klassku belum tersedia di App Store. 

5. #1 Exam Preparation App

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi yang satu ini berbasis Bahasa Inggris. Meskipun demikian, aplikasi bank soal ini cukup membantu siswa SD, SMP, bahkan SMA/SMK yang ingin belajar berbagai mata pelajaran berstandar internasional. 

Bapak dan Ibu guru yang ingin mencari referensi soal ujian atau kuis juga bisa menggunakan aplikasi ini. 

Menariknya, #1 Exam Preparation App menyediakan fitur di mana para penggunanya akan mendapatkan notifikasi setiap kali ada soal baru. Tenang saja, Bapak dan Ibu guru tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mengakses bank soal di aplikasi ini alias gratis. 

Lebih lanjut, Bapak dan Ibu guru juga bisa berdiskusi mengenai mata pelajaran dengan para expert yang telah disediakan oleh pihak aplikasi. 

6. Pahamify

Didirikan pada tahun 2018, PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) menjadi salah satu aplikasi belajar online yang menyediakan ratusan bank soal lengkap, mulai soal untuk PTS, PAS, dan UTBK.

Kumpulan soal di Pahamify tersedia mulai dari kelas 10 sampai 12 dari mata pelajaran manapun dengan soal HOTS (Higher-order thinking). Adapun pilihan mata pelajaran yang terdapat di Pahamify, antara lain Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Matematika IPA, Sejarah Wajib, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. 

Tersedia di Play Store dan App Store, Bapak dan Ibu guru bisa mengakses bank soal Pahamify melalui aplikasi ataupun website resmi Pahamify. 

Jika ingin menyimpan soal-soal di Pahamify di laptop atau smartphone, Bapak dan Ibu guru tinggal mengunduh soal mana saja yang ingin disimpan atau di print

Nah, itulah rekomendasi enam aplikasi mengajar dengan fitur bank soal yang bisa Bapak dan Ibu guru coba sebagai referensi saat membuat soal ujian atau latihan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.