Education

7 Program Pelatihan Guru yang Menarik untuk Diikuti

Program pelatihan guru yang bisa diikuti

Mengikuti pelatihan guru adalah salah satu hal yang harus Bapak dan Ibu guru ikuti. Pasalnya, sebagai tenaga pendidik, seorang guru juga dituntut untuk dapat menjalankan perannya sebagai tenaga pendidik yang profesional. 

Lewat pelatihan guru, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dari waktu ke waktu serta  mampu memaksimalkan kegiatan pembelajaran di kelas sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas. 

Pelatihan guru sendiri ada yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah, seperti pelatihan Kemendikbud, ataupun swasta, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Program pelatihan untuk guru yang diajarkan pun bermacam-macam. 

Nah, apa saja program pelatihan untuk guru yang dapat mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas kinerjanya? Di mana guru bisa mengikuti program pelatihan guru secara gratis? Berikut ulasan selengkapnya. 

Program-program dalam pelatihan guru

Ada berbagai program pelatihan guru

Pelatihan guru adalah kegiatan pelatihan yang ditujukan untuk guru agar dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional dan mampu memaksimalkan kegiatan pembelajaran di kelas. Pelatihan untuk guru ini juga sering disebut dengan istilah diklat guru. 

Saat ini, pelatihan guru tidak hanya dilaksanakan secara offline saja, tapi juga ada pelatihan guru online yang jika dilihat dari segi waktu, lebih fleksibel. Meskipun demikian, guru akan tetap mendapatkan ilmu dan skill baru, serta sertifikat pelatihan guru online yang sama seperti pelatihan yang dilaksanakan secara offline.

Program pelatihan atau diklat guru, baik secara online maupun offline yang disediakan oleh instansi pemerintahan maupun swasta cukup bervariasi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Public speaking

Memiliki kemampuan berkomunikasi atau public speaking yang baik adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru. Berkomunikasi di sini tidak hanya kemampuan berbicara saja, tapi juga kemampuan guru dalam menyampaikan pesan dengan baik kepada siswa. 

Sebab, bagian terpenting dari berkomunikasi adalah lawan bicara bisa memahami pesan yang disampaikan. Itulah mengapa, public speaking masuk dalam salah satu program dalam pelatihan guru. 

Selain membantu memudahkan  Bapak dan Ibu guru dalam menyampaikan materi pada siswa, program pelatihan tentang public speaking ini juga dapat membantu guru dalam menciptakan suasana belajar di kelas yang lebih menyenangkan sehingga siswa pun lebih bersemangat saat belajar. 

2. Pengembangan e-Modul

Pengembangan e-Modul juga menjadi salah satu program dalam diklat guru. Dalam program ini, guru akan diajarkan bagaimana cara membuat modul yang kreatif dan inovatif, serta mengembangkannya ke dalam bentuk elektronik atau e-Modul sehingga dapat diakses dengan mudah oleh siswa lewat perangkat elektronik. 

Selain itu, dengan e-Modul Bapak dan Ibu guru tidak perlu membawa print out modul kemana-mana. Cukup disimpan saja di smartphone atau laptop dan tinggal dibuka sewaktu-waktu dibutuhkan. Lebih praktis, kan?

3. Ice breaking untuk pembelajaran

Saat mengikuti seminar atau pertemuan, biasanya selalu diselipkan kegiatan ice breaking di tengah-tengahnya. Ice breaker sendiri adalah sebuah teknik  yang dilakukan untuk memecahkan kejenuhan peserta selama menjalani kegiatan. 

Nah, teknik ice breaker ini ternyata juga bisa diterapkan dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas, lho. Misalnya, dengan melakukan permainan, seperti tebak-tebakan, berhitung, sambung kata, dan sebagainya.

Adanya ice breaking ini akan menghilangkan kejenuhan siswa setelah berjam-jam duduk di kelas mendengarkan guru menerangkan materi, menyegarkan pikiran siswa, dan membantu siswa agar dapat berkonsentrasi kembali.

Bapak dan Ibu guru yang masih bingung bagaimana cara membuat kegiatan ice breaking di kelas, dapat mengikuti program pelatihan guru tentang ice breaking ini. Dalam pelatihan ini, Bapak dan Ibu guru mungkin akan diajarkan pentingnya ice breaker dan cara membuat kegiatan ice breaking yang menyenangkan.

4. Pengembangan kurikulum

Pengembangan kurikulum adalah suatu proses penyusunan atau perencanaan kurikulum yang dilakukan oleh pengembang kurikulum (curriculum developer). Di dalamnya juga terdapat kegiatan yang akan dilakukan agar dapat menghasilkan bahan ajar dan acuan berdasarkan kurikulum yang sudah disusun tersebut dengan tujuan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Keterampilan dalam mengembangkan kurikulum ini harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat membuat perencanaan dalam proses pembelajaran di kelas dengan baik. Apalagi, awal tahun 2022 lalu, Kemendikbud resmi memperkenalkan Kurikulum Merdeka yang akan mulai diterapkan di tahun ini. Oleh karena itu, program diklat guru yang satu ini penting untuk Bapak dan Ibu guru ikuti. 

5. Pembuatan media pembelajaran

Sekarang ini, guru tidak hanya dituntut untuk menguasai materi pembelajaran saja, tapi juga harus kreatif dalam membuat media pembelajaran. Tujuannya adalah supaya siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

Selain itu, media pembelajaran yang kreatif juga dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang lebih menyenangkan, tidak monoton, serta mendorong siswa agar lebih aktif dalam kegiatan belajar di kelas.

Nah, Bapak dan Ibu guru yang mungkin masih bingung atau butuh inspirasi bagaimana cara membuat media pembelajaran yang kreatif dan menarik, mengikuti pelatihan guru tentang pembuatan media pembelajaran, seperti yang diselenggarakan oleh KOCO Academy mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.  

6. Penggunaan teknologi atau aplikasi mengajar

Di tengah kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, muncul berbagai macam aplikasi mengajar yang tentunya dapat memudahkan Bapak dan Ibu guru dalam kegiatan belajar-mengajar. 

Namun, tidak semua guru dapat memanfaatkan aplikasi mengajar ini dikarenakan keterbatasan dalam memahami kecanggihan teknologi saat ini. 

Sebagai solusinya, program pelatihan guru ini hadir untuk membantu guru dalam memahami perkembangan teknologi saat ini, serta cara menerapkannya dalam kegiatan belajar-mengajar. 

7. Penulisan dan pengembangan budaya literasi

Tidak hanya kemampuan literasi siswa saja yang harus ditingkatkan, hal yang sama juga berlaku untuk Bapak dan Ibu guru sebagai tenaga pendidik. 

Melalui pelatihan penulisan dan pengembangan budaya literasi, Bapak dan Ibu guru dapat meningkatkan keterampilan menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), buku dan materi pembelajaran, artikel, opini, esai, dan sebagainya. 

Nah, itulah beberapa program pelatihan guru yang bisa Bapak dan Ibu guru ikuti secara online ataupun offline

Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman, tentunya Bapak dan Ibu guru juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan guru, sebagai bukti formal yang diberikan kepada guru sebagai tenaga pendidik yang profesional. 

Cara mengikuti pelatihan guru online

Syarat untuk memperoleh sertifikat guru adalah Bapak dan Ibu guru harus mengikuti pelatihan guru, baik yang diselenggarakan secara online ataupun offline

KOCO Academy adalah salah satu platform pelatihan guru online bersertifikat yang hadir untuk membantu Bapak dan Ibu guru menjadi tenaga pengajar yang profesional. 

Di pelatihan guru KOCO Academy ini, Bapak dan Ibu guru bebas menentukan kelas pelatihan yang sesuai kebutuhan dan minat. Waktu pelatihannya juga sangat fleksibel sehingga Bapak dan Ibu guru bisa memilih waktu yang sekiranya tidak akan mengganggu kegiatan belajar-mengajar di sekolah. 

Tak hanya itu saja, KOCO Academy juga menawarkan berbagai program pelatihan yang menarik, seperti mengenai:

  • Soft skills, yang bertujuan untuk membantu guru melengkapi keterampilannya dalam mendukung kesuksesan belajar.
  • Literasi digital, membantu guru agar lebih cakap dalam menggunakan dan memanfaatkan media digital dalam pembelajaran.
  • Pedagogik, membantu meningkatkan kompetensi mengajar, mengelola proses pembelajaran dan mengatur interaksi belajar mengajar.
  • Saran karir, mendapatkan dukungan dan saran karir sebagai guru untuk pengembangan karir Anda
  • Kesehatan mental, mendapatkan dukungan dan saran tentang cara mengelola masalah yang dihadapi, serta meningkatkan kesadaran guru akan pentingnya kesehatan mental untuk menjaga kualitas hidup sebagai guru. 

Lebih lanjut, Bapak dan Ibu guru juga bisa mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan praktisi yang sudah berpengalaman di bidangnya. 

Apakah pelatihan guru di KOCO Academy juga menyediakan materi yang bisa diunduh dan sertifikat guru? Pastinya! Bapak dan Ibu guru akan mendapatkan akses untuk mengunduh materi sendiri, serta akan memperoleh sertifikat hingga 64 JP setelah selesai mengikuti pelatihan di KOCO Academy. Gimana? Tertarik untuk ikut pelatihan guru di KOCO Academy? Yuk, segera upgrade diri menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan daftar gratis dalam program pelatihan guru di KOCO Academy.