Students, Teaching Resources

7 Rekomendasi Buat Kuis Online GRATIS untuk Guru & Siswa

Rekomendasi website untuk membuat kuis online

Website buat kuis online semakin populer sejak pandemi Covid-19 melanda dunia dan semua kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah. Kehadiran kuis online ini sangat membantu guru yang ingin mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap suatu materi secara online. 

Tak hanya itu saja, ada manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari penggunaan website kuis online ini. 

Apa saja manfaatnya? Yuk, cari tahu manfaat menggunakan kuis online dan rekomendasi website kuis online yang bisa diakses secara gratis berikut ini. 

Apa itu kuis online?

Kuis online adalah penilaian terhadap pemahaman peserta didik yang dilakukan secara daring atau online. Sebenarnya, tidak ada perbedaan jauh antara kuis online maupun kuis yang dilakukan secara langsung atau offline. 

Perbedaannya terletak pada bagaimana kuis tersebut dilakukan dan media yang digunakan untuk menyampaikan dan menjawab soal-soal kuis. 

Sesuai dengan namanya, kuis online dilakukan secara online melalui website penyedia kuis online dengan bantuan perangkat, seperti laptop, tablet, ataupun smartphone

Manfaat kuis online

Kehadiran kuis online sangat membantu guru dalam mengetahui tingkat pemahaman siswa dari materi yang diajarkan secara online. Pasalnya, gap yang terjadi selama pembelajaran jarak jauh ini terkadang membuat siswa kesulitan dalam memahami pelajaran. 

Maka dari itu, untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka, Bapak dan Ibu guru bisa memanfaatkan website yang menyediakan kuis online. 

Tak hanya memudahkan guru dalam mengetahui tingkat pemahaman siswa saja, kuis online ini juga memberikan banyak manfaat lain. Berikut beberapa manfaat lain dari kuis online. 

1. Menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan

Tak bisa dipungkiri, pembelajaran jarak jauh dapat membuat lebih cepat merasa jenuh dan bosan. Salah satu cara untuk mengembalikan semangat siswa dalam belajar, yaitu dengan melakukan kuis online. 

Dengan begitu, kegiatan pembelajaran terasa lebih menyenangkan meskipun dilakukan secara online. 

2. Meningkatkan rasa percaya diri siswa

Ketika mengikuti kuis dan berhasil mencapai skor tertinggi, hal ini akan membuat siswa merasa lebih percaya diri dan semakin bersemangat dalam belajar. 

Sebaliknya, siswa yang belum berhasil mencapai skor tersebut juga akan merasa terdorong untuk bisa menjadi lebih baik lagi. 

3. Memudahkan dalam evaluasi pemahaman siswa

Berhubung pembelajaran dilakukan dari jarak jauh sehingga tidak memungkinkan guru untuk mengevaluasi langsung pemahaman siswa, maka kuis online adalah solusinya. 

Dengan bantuan kuis online, guru dapat mengetahui seberapa besar pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Hal ini juga bisa menjadi bahan evaluasi guru dalam mengajar

Misalnya, banyak siswa yang sulit memahami materi sehingga guru mungkin harus mengganti metode pembelajaran atau belajar untuk menyampaikan materi dengan cara yang lebih mudah dipahami siswa. 

Rekomendasi website buat kuis online gratis

Bagaimana cara membuat kuis online dengan mudah? Tenang, Bapak dan Ibu guru tidak perlu membuat kuis online sendiri karena sekarang sudah banyak website yang menyediakan kuis online gratis. 

Umumnya, kuis online dilakukan sambil bermain di mana siswa akan diminta untuk menjawab teka-teki dan jika berhasil menjawab sebagian besar teka-teki tersebut, mereka akan mendapatkan skor. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi website kuis online yang bisa Bapak dan Ibu guru akses secara gratis.

1. Kahoot!

Kahoot! merupakan salah satu website kuis online yang sangat populer dan cukup sering digunakan dalam pembelajaran. Pasalnya, website ini menawarkan kemudahan dalam penggunaan dan gratis. 

Sekilas, kuis online di Kahoo! ini mirip seperti lomba cerdas cermat di mana semakin cepat peserta menjawab, maka poin atau nilai yang didapatkan juga semakin besar. Soal yang dibuat juga dapat berupa video, gambar, dan pilihan ganda. 

Selain itu, siswa juga bisa langsung mengetahui jawaban yang benar dari setiap soal lengkap beserta penjelasannya.

Untuk membuat kuis online di Kahoot!, pertama Bapak dan Ibu guru harus membuat akun terlebih dahulu atau langsung menghubungkannya dengan akun Google Mail saja. Setelah mendaftarkan akun, barulah Bapak dan Ibu guru bisa membuat kuis online di website ini.

2. Fyrebox

Beberapa website untuk membuat kuis online

Sama seperti Kahoot!, Fyrebox adalah website untuk membuat kuis online gratis yang bisa Bapak dan Ibu guru akses secara gratis. 

Menariknya, kuis yang sudah dibuat di website ini bisa disimpan dulu dan digunakan di kemudian hari. Cara penggunaannya juga sangat mudah. 

Namun, Bapak dan Ibu guru harus mendaftarkan akun terlebih dahulu agar dapat membuat kuis online di Fyrebox atau menghubungkannya langsung dengan akun Google Mail Bapak dan Ibu guru. 

3. Quizizz

Tak hanya memudahkan Bapak dan Ibu guru dalam membuat kuis online gratis, website ini juga dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan lewat permainan kuis yang interaktif. 

Selain itu, kuis online yang sudah dibuat di Quizizz ini juga tidak memungkinkan siswa untuk mencontek dengan temannya karena soal sudah diacak sehingga setiap soal yang diterima siswa satu dan lainnya pasti berbeda. 

Setiap siswa akan mendapatkan batasan waktu untuk menjawab setiap soal sehingga mereka tidak memiliki kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau mencontek buku catatan. 

Bapak dan Ibu guru juga bisa memilih berbagai template kuis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari pilihan ganda (multiple choice), kotak centang (checkbox), mengisi bagian yang kosong (fill in the blank), poling, dan pertanyaan terbuka (open ended). Sangat menarik, bukan?

4. Quizalize 

Seperti Kahoot!, Quizalize juga menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis permainan untuk melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan pembelajaran yang interaktif. Dengan menggunakan Quizalize, Bapak dan Ibu guru dapat membuat berbagai kuis online yang dapat diakses siswa melalui kode yang dibagikan. 

Selain membuat kuis online yang bisa dimainkan secara individu, Bapak dan Ibu guru juga bisa membuat kuis untuk Tim vs Tim.

Lebih lanjut, saat siswa mengerjakan kuis, Bapak dan Ibu guru dapat mengakses data real-time untuk mengetahui kinerja mereka. 

5. Quizlet

Quizlet adalah website untuk membuat kuis online

Tak berbeda jauh dengan Quizizz, Quizlet juga memungkinkan Bapak dan Ibu guru untuk membuat kuis dalam bentuk flash card, pilihan ganda, mengunggah video, mengunggah gambar, menambahkan pemformatan teks, dan lain sebagainya. Website ini sangat cocok diterapkan pada mata pelajaran bahasa ataupun mata pelajaran lain yang menekankan pada penguasaan kosakata baru. 

Sayangnya, sebagian besar fitur menarik, seperti fitur untuk melacak kemampuan siswa dan membuat kelas tanpa batas di Quizlet disediakan dalam paket premium alias berbayar.

6. Blooket

Website untuk membuat kuis online berikutnya adalah Blooket. Website ini memungkinkan Bapak dan Ibu guru untuk membuat kuis dan aktivitas belajar yang menyenangkan berbasis permainan. 

Bapak dan Ibu guru dapat membuat template pertanyaan sendiri atau menggunakan template yang sudah ada yang dibuat oleh anggota komunitas Blooket. 

7. FlexiQuiz

FlexiQuiz adalah website kuis online yang memungkinkan guru untuk membuat dan berbagi berbagai macam kuis, penilaian, dan ujian. 

Dengan menggunakan website ini, Bapak dan Ibu guru bisa membuat sendiri pertanyaan untuk kuis atau menggunakan template yang sudah ada. 

Sayangnya, sama seperti Blooket, beberapa fitur yang tersedia secara gratis terbatas jumlahnya. Jika ingin menggunakan fitur secara lengkap, Bapak dan Ibu guru dapat berlangganan dengan paket Essentials, Premium, atau Enterprise.

Nah, itu dia 7 rekomendasi kuis online gratis yang guru dan teman-teman KOCO bisa gunakan. Apakah ada yang sudah pernah mencoba salah satunya? Tulis pengalamannya di kolom komentar ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.