Education

8 Film Tentang Masa Depan Dunia Pendidikan & Sekolah Digital

Waktu liburan semester telah tiba! Saatnya memanjakan diri sedikit meskipun masih banyak administratif sekolah yang harus diselesaikan. Nah di artikel ini, Minco sudah siapkan 8 rekomendasi film tentang sekolah digital yang menceritakan tentang masa depan sekolah digital dan dunia pendidikan ini.

Hmm, menarik ya. Bisa jadi kegiatan yang santai, namun tetap bermanfaat. Yuk simak!

Film Sekolah Digital
Rekomendasi Film Sekolah Digital

Rekomendasi Film Masa Depan Pendidikan dan Sekolah Digital

1. Future Learning: What’s Wrong With School?

Sistem pendidikan dunia yang umum diterapkan saat ini mempersiapkan siswa pada abad 20 pada waktu Revolusi Industri 2.0. Namun bagaimanapun, zaman telah berubah dan kita sudah tinggal di abad yang berbeda, yaitu abad 21. Sistem pendidikan yang tidak berubah gagal mempersiapkan kebutuhan dan keingintahuan kita akan keterampilan-keterampilan yang diperlukan agar bisa bertahan di abad ini.

Future Learning merupakan serial dokumentasi yang menayangkan wawancara yang menggugah pikiran dengan para inovator dalam dunia pendidikan mengenai bagaimana untuk melibatkan dan mendorong pelajar untuk dapat menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru melalui inovasi teknologi.

2. Networked Society: The Future of Learning

Teknologi telah memungkinkan kita untuk dapat berinteraksi, berinovasi, dan berbagi melalui cara-cara baru. Hasilnya adalah bergesernya pola pikir lama menuju pola pikir baru yang menciptakan perubahan mendalam bagi masyarakat. Contoh sederhananya, dalam pendidikan kini kita bisa belajar melalui e-learning ataupun adanya model pembelajaran baru seperti blended learning.

Dokumenter The Future of Learning mengeksplorasi bagaimana kita dapat menjadi bagian dari transformasi ini. Kita butuh mempersonalisasi proses mengenai bagaimana kita belajar, seperti dari pada menghapal, lebih baik fokus kepada pendekatan yang mengasah pembelajaran dan kreativitas.

3. On The Brink Of A Networked Society

Bapak atau Ibu guru pernah mendengar Internet of Things (IoT)?

IoT merupakan sebuah sistem dimana objek-objek fisik dapat saling terhubung melalui bantuan sensor, perangkat lunak, atau teknologi lainnya dengan internet tanpa perlunya interaksi manusia antar manusia, atau manusia atau komputer. Contohnya dalam dunia pendidikan bisa seperti aplikasi scan buku yang dapat mendeteksi tulisan dalam buku, dokumentasi, dll. secara langsung menuju handphone, tablet, serta komputer atau pun sekolah digital.

Teknologi IoT dan cara manusia berkomunikasi saat ini melalui jaringan berbasis internet telah mentransformasi kehidupan. Bila dapat memahami bagaimana transformasi ini membentuk pendidikan, bisnis, dan tatanan sosial baru, Bapak dan Ibu guru bisa mendapatkan sekilas gambaran mengenai masa depan.

FIlm dokumenter On The Brink of a Network Society merupakan bagian pertama dari serial 4 bagian. Dokumenter ini menayangkan wawancara dengan thought leaders dalam bidangnya yang mendiskusikan konsep mengenai pengembangan kreativitas, peluang dalam globalisasi hingga model bisnis masa kini.

4. Humans Need Not Apply

Salah satu hal yang paling menantang pada zaman ini adalah tergantikannya banyak pekerjaan rutin dengan robot dan perangkat lunak. Realitanya, saat ini kemajuan teknologi lebih banyak menggantikan pekerjaan yang telah ada daripada menciptakan pekerjaan baru. Artinya, kita membutuhkan revolusi sosial dan politik atau dihadapkan isu pengangguran massal dan kehancuran masyarakat.

Human Need Not Apply mengeksplorasi bagaimana mesin menggantikan manusia saat ini serta mengapa keterampilan yang tidak bisa ditiru oleh mesin, seperti hubungan antar manusia, kreativitas dan kecerdasan sosial kini jauh lebih penting daripada sebelumnya untuk diterapkan di dalam kelas dalam membangun siswa calon generasi masa depan.

5. Collaboration: On the Edge of a New Paradigm

Film dokumenter ini terlahir dari kolaborasi eksperimen yang dilakukan mahasiswa S3 asal Denmark, Alfred Birkegaard untuk memperoleh gelar PhD nya dalam Filosofi. Alfred melakukan perjalanan ke Silicon Valley, untuk mewawancara para insinyur yang tengah merancang masa depan komunikasi dan kolaborasi digital.

Collaboration: On the Edge of a New Paradigm menceritakan bagaimana internet mendorong keterbatasan dalam penelitian, kolaborasi dan penciptaan pengetahuan. Ternyata, hasilnya adalah perubahan paradigma dimana belajar dan bekerja perlahan menjadi sebuah proses yang lebih kolaboratif.

6.   Education For A Sustainable Future

Nilai-nilai yang mendasari sistem pendidikan masa kini telah berujung pada tingginya jumlah utang, keruntuhan ekologi dan kegagalan institusi politik. Dunia membutuhkan sistem baru yang tidak terlalu berfokus pada kompetisi dan teori-teori yang tidak berhubungan pada kenyataan. Saat ini, sistem pendidikan perlu mengembangkan bakat kreatif tiap individu siswa agar mereka dapat berkolaborasi dan memecahkan tantangan-tantangan besar abad 21.

Education for a Sustainable Future memeriksa garis besar sistem pendidikan abad 21 dan bagaimana kita bisa melatih masyarakat untuk dapat beradaptasi dan berkembang dalam dunia yang cepat berubah.

7.  Most Likely to Succeed

Berawal dari rasa ketidakpuasan akan pembelajaran anaknya di sekolah, seorang ayah sekaligus sutradara film di Amerika Serikat mendokumentasikan penemuannya tentang pendekatan Project Based Learning yang diterapkan di sebuah sekolah di San Diego, California.

Melalui wawancara dengan siswa, guru, dan orang tua, penonton diajak untuk mempertimbangkan jenis lingkungan pendidikan seperti apa yang mampu mempersiapkan siswa untuk berhasil di abad 21.

8.   Beyond Measure

Dokumenter ini mengikuti tiga bagian kisah guru dan siswa yang berbeda sebagaimana mereka menghadapi tantangan dengan realita pendidikan yang ada saat ini dan mencoba untuk melakukan perubahan yang berarti dalam komunitas pendidikan mereka sendiri.

Sutradara Vicki Abeles dalam film ini memfokuskan pada stress yang diakibatkan dari adanya ujian berstandar tinggi dan bagaimana alternatif metode mengajar lainnya seperti project-based learning dapat mengangkat beban stress tersebut.

Itu dia rekomendasi film tentang masa depan pendidikan dan sekolah digital. Setelah Bapak dan Ibu guru menonton film-film di atas, Bapak dan Ibu mulai bisa mendapatkan gambaran mengenai pendidikan di masa depan dan turut serta dalam mempersiapkan strategi mengajar untuk membangun karakter serta keterampilan siswa yang mampu bertahan, juga menjawab tantangan yang ada di masa depan.

Manakah film yang jadi favorit Bapak dan Ibu? Ceritakan pada komentar di bawah ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.