Education

Absen Siswa Online Jadi Lebih Mudah Berkat 7 Aplikasi Ini!

Ketika sedang melaksanakan pembelajaran daring, tentu Bapak dan Ibu guru banyak mengandalkan teknologi untuk menunjang kegiatan kelas, salah satunya absen siswa.

Bapak dan Ibu guru mungkin menemui kesulitan dengan cara membuat absen siswa untuk banyak kelas, termasuk mengontrol dan mengecek kehadiran siswa tiap harinya. Tidak perlu repot lagi, ini dia 7 aplikasi yang bisa membantu Bapak dan Ibu guru mengelola absen siswa online dengan lebih cepat dan akurat.

Aplikasi Absen Siswa Gratis

Google Form

Absensi Google Form

Bapak dan Ibu guru mungkin tidak asing lagi dengan Google Form. Google Form memang mudah untuk dibuat dan digunakan, terlebih lagi bisa langsung terintegrasi juga dengan akun gmail yang dimiliki.

Dari sisi siswa pun, pengisiannya sangat mudah. Siswa hanya perlu login ke akun gmail masing-masing dan membuka tautan yang diberikan. Tiap data yang telah masuk juga langsung terekap dan dikategorikan otomatis oleh sistem.

Kekurangannya, guru masih harus mendownload satu per satu form setiap harinya.

Zoho Form

Logo Zoho Form

Serupa dengan Google Form, Zoho Form menyediakan fitur absensi online yang mudah digunakan pengguna. Cara mengaksesnya pun sama, siswa hanya perlu membuka tautan yang diberikan Bapak dan Ibu guru untuk absen.

Tak hanya itu, Zoho Form juga memiliki fitur tanda tangan dimana siswa akan diminta untuk menggambar tanda tangan pada kotak yang disediakan tiap absensi. Tentunya fitur ini membuat absen online jadi lebih kredibel. Hanya saja, Zoho Form tidak memiliki fitur multicheckbox dengan data murid yang dapat digunakan.

Tak perlu khawatir kehilangan data, Zoho Form merekam semua data yang masuk dan terekam. Bapak dan Ibu guru juga bisa mencetak semua data absensi yang terekam kapan saja dengan format yang telah tersusun rapi oleh sistem. Semua layanan ini bisa dinikmati secara gratis.

KOCO Schools

Logo KOCO Schools
LMS KOCO Schools

KOCO Schools merupakan Learning Management System (LMS) untuk guru agar bisa mengelola kelas dengan lebih mudah dan efektif. Dilengkapi dengan fitur-fitur penting yang dibutuhkan guru termasuk absensi online, Bapak dan Ibu guru bisa langsung menggunakannya tanpa dikenakan biaya dengan mendaftar gratis!

Sangat mendukung hybrid learning, data absensi siswa di KOCO Schools akan terakumulasi setiap harinya dan terintegrasi dengan data siswa individual maupun kelas secara kesuluruhan. Ditambah lagi, data juga terakumulasi dengan data harian dan semester.

Guru sudah tidak perlu mengunduh satu persatu. Diakhir bulan atau diakhir semester, data hanya tinggal diunduh saja dan input dalam rapot siswa. Mudah ya?

Untuk menggunakan fitur absen siswa online dari KOCO Schools, Bapak dan Ibu guru bisa langsung mendaftar gratis di sini.

SmartPresence

Absensi Smartpresence

Walau lebih ditujukan untuk segmen karyawan, namun solusi SmartPresence juga bisa digunakan untuk absensi siswa. SmartPresence merupakan produk absensi online berbasis cloud dengan fitur-fitur yang mendukung guru mengelola absensi siswa. Sebut saja kemudahan akses sistem dari berbagai platform web browser, aplikasi android dan iOS, data kehadiran realtime, keamanan data dan tingkat akurasi, scan wajah, antispoofing (pemalsuan data), dll.

Fitur-fitur dalam SmartPresence dapat digunakan gratis selama 30 hari pertama dan dikenakan biaya setelah masa penggunaan tersebut berakhir. Biaya dapat dikenakan secara bulanan sebanyak Rp7,000/user per bulannya atau secara tahunan Rp6,000/user.

Hadirr

Absensi Hadirr

Serupa dengan namanya, Hadirr merupakan aplikasi yang menyediakan layanan merekap daftar hadir siswa secara online.

Melalui aplikasi ini, guru dapat mencatat jam kelas secara realtime dan cepat selama jaringan internet tetap stabil. Fitur GPS juga tersedia di dalam aplikasi ini, sehingga walaupun Bapak dan Ibu guru tidak masuk kelas, aplikasi ini akan menunjukkan lokasi siswa. Jadi Bapak dan Ibu guru dapat melihat di mana siswa berada ketika melakukan absen.

Kekurangannya, aplikasi ini belum terintegrasi dengan data sehingga perlu merekap ulang.

Absensi Free

Platform berikutnya yang bisa Bapak dan Ibu guru gunakan untuk mengabsen siswa secara online yaitu Absensi Free.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk mengelola kehadiran siswa dengan lebih mudah, efektif dan efisien. Absensi Free memilliki fitur absensi default yang dapat memverififikasi siswa yang hadir dan tidak hadir dengan cepat.

Data detil rekapitulasi absensi bisa dilihat sesuai kebutuhan, mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

KelasQ

Aplikasi yang sudah di-download sebanyak 10,000+ kali ini juga bisa digunakan untuk absen siswa online lewat android. KelasQ menyediakan fitur-fitur seperti video call, soal, tugas, kuis, dan lainnya dengan tampilan feed yang familiar kita lihat di media sosial. Bahkan terdapat juga fitur update status, story kelas, like dan komentar di posting.

Nah, itulah rekomendasi tujuh aplikasi absensi online yang bisa Bapak dan Ibu guru saat pembelajaran jarak jauh. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.