Students

Anti Bosan! Coba Terapkan 12 Cara Belajar yang Efektif ala Maudy Ayunda dan Jerome Polin Ini

Cara Belajar Jerome Polin dan Maudy Ayunda

12 Cara Belajar yang Efektif – Selain dikenal sebagai artis multitalenta, pelantun lagu Perahu Kertas ini juga dikenal memiliki segudang prestasi di bidang akademik. 

Diketahui artis berparas cantik ini merupakan lulusan S1 dari Oxford University, salah satu universitas ternama di dunia, dengan jurusan PPE atau Politics, Philosophy, and Economics. Tak sampai disitu saja, Maudy bahkan melanjutkan pendidikan S2-nya di Stanford University dengan jurusan Administrasi Bisnis dan Pendidikan. 

Selain Maudy Ayunda, juga ada Jerome Polin yang juga dikenal memiliki segudang prestasi di bidang pendidikan. Youtuber asal Surabaya ini baru saja menyelesaikan pendidikan S1-nya di Waseda University, salah satu universitas ternama di Jepang. 

Baik Maudy Ayunda maupun Jerome Polin, keduanya sama-sama dikenal sebagai publik figur yang berprestasi di bidang pendidikan. Nah, apa sih tips belajar dari mereka yang mungkin bisa diikuti pelajar di Indonesia supaya bisa memiliki prestasi akademik yang baik? 

Yuk, simak tips belajar yang efektif ala Maudy Ayunda dan Jerome Polin berikut ini.

Cara Belajar Efektif ala Maudy Ayunda

Pendidikan yang ditempuh oleh Maudy Ayunda tentu banyak menginspirasi anak-anak muda di Indonesia. Bahkan, tak sedikit pula yang ingin mengikuti jejaknya. 

Jika kamu salah satunya, cara belajar efektif yang diterapkan Maudy Ayunda selama menempuh pendidikan S1 di Oxford University ini bisa kamu contoh.

1. Pahami Konsep, Bukan Dihafal

Ketika mempelajari suatu konsep, biasanya siswa cenderung menghafalnya bukan memahaminya. Padahal, yang paling penting adalah memahami konsep. 

Sebab, kalau hanya menghafal konsepnya saja, kamu akan terus mengulang materi yang sama untuk dipelajari karena tidak paham konsep yang sebenarnya. Hal ini tentu berbeda bila kamu memahami konsep dan inti dari materinya. 

Oleh karena itu, daripada menghafal konsep yang justru akan menghabiskan waktu belajarmu, yuk coba pahami konsepnya. 

2. Fleksibel dan Adaptif

Fleksibel dan adaptif di sini maksudnya siswa harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru agar lebih mudah mempelajari hal-hal baru. Saat memasuki lingkungan baru, kamu juga harus aktif bersosialisasi, mencari teman-teman baru yang bisa membantumu dalam berbagai urusan, baik yang berhubungan dengan sekolah maupun luar sekolah. 

Buat kamu yang tertutup dan sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, kamu bisa memulainya dengan mengikuti komunitas yang disukai. Ini akan memudahkan kamu untuk menemukan teman baru yang memiliki minat yang sama denganmu. 

3. Fokus pada Materi yang Belum Dipahami

Saat belajar, pasti ada saja materi yang sulit untuk dipahami sehingga sering kali membutuhkan banyak waktu untuk bisa memahaminya. Agar waktu belajarmu tidak habis dengan sia-sia, cobalah untuk fokus pada materi yang belum kamu pahami. 

Coba temukan di mana letak kelemahan dan kekuranganmu atau apa yang membuat kamu sulit memahami materi yang satu ini. 

Cara ini juga cukup efektif kamu terapkan saat menghadapi ujian. Jadi, kamu tidak perlu mengulang seluruh materi pelajaran, cukup mengulang materi yang belum dipahami saja. 

Kamu bisa menggunakan rangkuman materi untuk mengulang pembelajaran dengan mudah

4. Koreksi Hasil Ulangan/Ujian 

Begitu ulangan atau ujian berakhir dan kamu sudah mendapatkan hasilnya, jangan buru-buru menyimpannya di dalam rak atau lemari buku. Kamu bisa mempelajari kembali soal-soal ulangan, terutama jawabanmu yang salah. 

Dengan begitu, kamu bisa memperbaikinya dan tidak mengulangi kesalahan yang sama jika menemukan soal itu lagi. 

5. Jangan Hanya Belajar Saat Mau Ujian Saja 

Kebanyakan orang memilih untuk belajar saat mau ujian saja agar lebih mudah mengingat materi yang akan diujikan. Namun, menurut Maudy cara ini justru membuat kamu sulit untuk mengingat materinya. 

Kebiasaan belajar seperti ini juga membuat kamu tergesa-gesa dalam belajar karena waktu yang sedikit. Oleh karena itu, Maudy lebih menyarankan untuk belajar jauh-jauh hari sebelum ujian tiba. 

Ini akan memberimu banyak waktu untuk memahami materi atau konsep yang belum dipahami dan otak pun akan lebih mudah mengingat apa saja yang sudah dipelajari. 

Agar lebih mudah, kamu harus memahami bagaimana Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

6. Terapkan Study-Life Balance 

Ambisi dan fokus belajar boleh-boleh saja, tapi jangan lupa luangkan waktumu untuk bersenang-senang, seperti main dengan teman, menyalurkan hobi, atau sekedar bersantai di rumah. Seimbangkan kegiatan akademismu dengan kehidupan personal. 

Dengan begitu, kamu tidak mudah merasa stres dan bisa menyerap ilmu lebih banyak karena suasana hati sedang bagus. 

Tips Belajar Seru dan Efektif ala Jerome Polin 

Tak hanya Maudy Ayunda saja, kamu juga bisa mengikuti tips belajar seru dan efektif dari Jerome Polin, Youtuber asal Surabaya yang baru saja lulus dari Waseda University, Jepang. Berikut tips belajar anti bosan ala Jerome Polin. 

1. Belajar dengan Metode 50:10

Belajar full selama satu jam tanpa jeda tentu akan membuat kamu merasa jenuh dan bosan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba metode 50:10 yang digunakan oleh Jerome saat belajar. 

Metode 50:10 ini artinya dalam waktu satu jam, kamu menggunakan 50 menit untuk fokus belajar dan berhenti selama 10 menit untuk istirahat. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menyerap materi yang dipelajari. 

Sebaliknya, belajar dengan durasi waktu yang lebih lama justru tidak akan terserap dengan baik oleh otak. 

2. Buat Target Belajar

Daripada hanya sekedar belajar saja, cobalah untuk membuat target belajar. Misalnya, dalam waktu 30 menit, berapa soal matematika yang harus diselesaikan. 

Dengan menentukan target belajar ini, kamu akan lebih bersemangat dan fokus untuk belajar. Kamu juga tidak cepat merasa bosan karena ada target yang harus dicapai. 

3. Terapkan Reward dan Punishment

Jika kamu berhasil mencapai target, tidak ada salahnya memberikan hadiah untuk diri sendiri karena sudah berusaha dan bekerja keras untuk mencapainya. Sebaliknya, jika gagal mencapai target, maka berikan hukuman yang ringan untuk diri sendiri. 

Dengan menerapkan reward dan punishment ini akan membantu kamu untuk belajar lebih disiplin khususnya pada diri sendiri. 

4. Belajar dari Banyak Sumber

Memang, buku adalah gudang ilmu. Namun, bukan berarti hanya buku saja sumber kamu untuk belajar. 

Di era serba digital ini, ada begitu banyak sumber belajar yang bisa kamu manfaatkan dengan hanya menggunakan laptop atau smartphone, seperti website rangkuman materi, e-book, video belajar, dan sebagainya Dengan begitu, wawasan kamu akan semakin luas dan memudahkanmu dalam memahami materi. 

5. Cari Suasana Baru

Jika bosan belajar di kamar, tidak ada salahnya kamu mencari suasana belajar yang baru. Misalnya, belajar di perpustakaan, kafe, taman, atau tempat lain yang kamu sukai. 

Jangan lupa untuk membawa earphone atau headphone agar kamu bisa tetap berkonsentrasi belajar sambil mendengarkan musik khusus untuk belajar bila lingkungan sekitar berisik.

6. Berdoa Sebelum Belajar

Tips belajar seru dan efektif ala Jerome Polin berikutnya adalah berdoa. Hal ini penting untuk dilakukan karena Tuhan akan memberikan kemudahan dan kelancaran pada hamba-Nya yang selalu mengingat-Nya.

Nah, itu dia tips belajar efektif dan anti bosan ala Maudy Ayunda dan Jerome Polin. Manakah cara belajar yang paling sesuai denganmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.