Education

Kelas Lebih Menyenangkan dengan 9 Aplikasi Kuis Online Ini

Rekomendasi aplikasi kuis online

Penggunaan aplikasi kuis online di kalangan guru dan siswa semakin populer semenjak kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Aplikasi ini tidak hanya berguna sebagai media hiburan di tengah-tengah pembelajaran saja, tapi juga bisa menjadi alat bantu guru dalam mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap suatu materi. 

Lebih lanjut, kuis online juga dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan meningkatkan semangat siswa dalam belajar

Tertarik untuk mencoba aplikasi kuis online ini? Kalau begitu, Bapak dan Ibu guru patut menyimak ulasan di bawah ini. 

Rekomendasi aplikasi kuis online

Ketika pandemi Covid-19 melanda dunia, segala kegiatan, termasuk belajar di sekolah harus dilakukan dari jarak jauh alias online. Awalnya, kondisi ini disambut gembira oleh siswa karena tidak perlu datang ke sekolah untuk belajar. 

Mereka bisa melakukannya dari rumah. Namun, lama-kelamaan belajar online ini mulai membuat siswa jenuh dan mempengaruhi hasil belajar mereka. Di sisi lain, guru pun kesulitan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa. 

Sebagai solusinya, berbagai aplikasi kuis online pun diluncurkan untuk memudahkan guru dalam mengidentifikasi kemampuan siswa sekaligus menciptakan kegiatan belajar mengajar yang lebih menyenangkan. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi kuis online yang bisa Bapak dan Ibu guru unduh secara gratis untuk menunjang kegiatan belajar mengajar online ini. 

1. Kahoot! 

Aplikasi kuis online yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Pasalnya, Kahoot! sangat populer dan sering digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman seseorang melalui soal-soal kuis yang sudah dirancang oleh pembuat soal. 

Nah, Bapak dan Ibu guru juga bisa memanfaatkan aplikasi kuis online ini untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap suatu materi yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Selain bisa diunduh secara gratis, Kahoot! juga menawarkan kemudahan dalam penggunaannya. Bapak dan Ibu guru bisa mengunduh aplikasi ini di PlayStore bila menggunakan Android dan AppStore bila menggunakan iOS. 

Setelah itu, lakukan pendaftaran akun dan aplikasi pun sudah bisa digunakan. Bapak dan Ibu guru bisa membuat soal dalam bentuk pilihan ganda, polling, teka-teki, dan slide,  menambahkan video atau gambar pada soal, dan memudahkan guru untuk mengakses laporan tentang tingkat kemajuan kelas. 

Tak hanya itu saja, aplikasi kuis online berbasis game ini juga memungkinkan siswa untuk memainkan kuis secara individu maupun kelompok dan dapat dimainkan dengan mudah di rumah ataupun di dalam kelas. 

2. Quizizz

Selanjutnya, ada Quizizz yang juga merupakan aplikasi membuat kuis online gratis yang bisa Bapak dan Ibu guru coba. 

Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Sebab, Quizizz menyediakan data dan perhitungan statistik kinerja peserta didik yang mana hasilnya dapat menggambarkan sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi. 

Nantinya, data dan perhitungan statistik yang akan menjadi dasar pengukuran evaluasi pembelajaran secara keseluruhan.

Lebih lanjut, aplikasi kuis online berbasis game ini juga memudahkan Bapak dan Ibu guru dalam perangkingan karena setiap siswa yang menjawab soal dengan benar, maka akan mendapatkan poin. Ini artinya semakin banyak poin yang didapat, maka semakin tinggi pula rangking mereka. 

Bapak dan Ibu guru juga tidak perlu khawatir siswa akan mencontek satu sama lain karena soal-soalnya sudah diacak. Jadi, setiap soal yang muncul, pasti berbeda-beda. 

3. Quizlet

Quizlet adalah aplikasi membuat kuis online

Jika Bapak dan Ibu guru mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris atau pelajaran lain yang menekankan pada penguasaan kosakata baru. 

Aplikasi ini memungkinkan Bapak dan Ibu guru untuk membuat kuis dalam bentuk flash card, pilihan ganda, hingga mencocokan gambar. 

Aplikasi yang dirancang pada tahun 2005 ini juga memungkinkan siswa untuk mengerjakan soal-soal di Quizlet secara berkelompok lewat fitur Live yang disediakan oleh aplikasi ini. 

Selain Bahasa Inggris, Quizlet juga menyediakan berbagai kuis online untuk mata pelajaran lain, seperti Biologi, Kimia, Ekonomi, Akuntansi, dan masih banyak lagi. 

4. Wordwall

Wordwall sebenarnya adalah aplikasi game yang dirancang berbentuk kuis sehingga sangat cocok digunakan pada saat ice breaking di tengah-tengah pembelajaran. 

Memiliki banyak template yang dapat dibuat oleh guru adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Wordwall. Ada sekitar 5 buah template yang disediakan secara gratis. 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah permainan yang sudah dirancang dapat dicetak dalam bentuk PDF sehingga memudahkan siswa yang terkendala jaringan internet. 

Terdapat berbagai jenis permainan yang bisa Bapak dan Ibu guru gunakan untuk evaluasi pembelajaran, antara lain,  Quiz (kuis), Crossword (teka-teki silang),  Find the Match (Mencari padanan), Random Wheel (Roda acak), Missing Word, Random cards (Kartu acak), True or False (Benar atau salah), dan lain-lain. 

Jika Bapak/Ibu ingin belajar memanfaatkan WordWall untuk mengajar, Bapak dan Ibu juga bisa mengikuti pelatihannya secara gratis di platform KOCO Schools dalam bentuk Online Course! Pelatihan Online Course ini dapat Bapak dan Ibu ikuti kapan saja dan darimana saja sehingga tidak menganggu jadwal.

pelatihan guru gratis

Setelah mengikuti Online Coursenya hingga selesai, Bapak dan Ibu akan mendapatkan sertifikat JP, materi belajar serta akses komunitas guru KOCO Schools di Telegram.

5. Educandy

Aplikasi mengajar untuk bermain ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan aplikasi Wordwall di mana Bapak dan Ibu guru memilih berbagai jenis permainan, mulai dari pilihan ganda, teka teki silang, dan sebagainya. 

Setidaknya, ada tiga fitur permainan di Educandy, yaitu words, matching pairs, dan quiz questions. Ketiga fitur permainan ini, nantinya bisa Bapak dan Ibu kreasikan kembali menjadi beberapa jenis permainan, seperti word search, hangman, anagrams, nought & crosses, crosswords, match-up, memory, dan multiple choice.

Banyaknya pilihan dalam fitur permainan ini, memudahkan Bapak dan Ibu guru untuk membuat kuis yang bervariasi sehingga siswa tidak akan cepat bosan karena setiap pertemuan akan selalu ada kuis berbasis game yang berbeda-beda. 

Lebih lanjut, aplikasi Educandy ini juga efektif dalam mengulas pemahaman siswa dan menciptakan latihan soal yang lebih menyenangkan.

6. Make It

Aplikasi untuk membuat kuis online

Aplikasi membuat kuis online berikutnya adalah Make It yang dapat membuat pembelajaran semakin berkesan. 

Tak berbeda jauh dengan aplikasi kuis online di atas, Make It juga menyediakan banyak pilihan permainan sehingga membuat siswa tidak akan bosan.

Adapun pilihan permainan yang disediakan oleh Make It, antara lain kuis interaktif, tebak gambar, puzzle, dan benar atau salah. 

Keunggulan lain yang dimiliki oleh aplikasi kuis online berbasis game ini adalah guru dapat games untuk siswa-siswa berkebutuhan khusus dengan tampilan yang menarik serta tersedianya fitur suara yang dapat memudahkan para siswa penyandang tuna netra. 

7. Quizalize

Dengan aplikasi ini, guru dapat membuat kuis dalam bentuk pilihan ganda ataupun esai untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Hasil kuis akan muncul di Dashboard Guru dalam bentuk laporan data. 

Ada sekitar tujuh kuis mata pelajaran yang disediakan oleh aplikasi ini, antara lain Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Seni. 

Menariknya, Bapak dan Ibu guru bisa menyesuaikan soal kuis dengan materi yang sedang dipelajari karena soal kuis di setiap mata pelajaran terdiri dari berbagai materi. 

8. Mindoo

Aplikasi Mindoo untuk membuat kuis online

Mindoo adalah aplikasi kuis pengetahuan umum yang mencakup berbagai kategori termasuk geografi, politik, ekonomi,  dan olahraga. 

Dilihat dari kategori mata pelajaran yang disediakan oleh aplikasi ini, sangat cocok bila digunakan untuk siswa SMA/SMK, bahkan orang dewasa yang ingin menguji daya ingat sekaligus mempelajari beberapa fakta baru. 

Aplikasi pembelajaran ini dapat diunduh gratis di PlayStore bila menggunakan Android dan AppStore bila menggunakan iOS. 

Itu dia delapan aplikasi kuis online yang bisa Bapak dan Ibu guru gunakan untuk menguji tingkat pemahaman siswa sekaligus memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.