Education

10+ Aplikasi Mengajar Online untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Rekomendasi aplikasi mengajar untuk pembelajaran daring

Adanya aplikasi mengajar online ternyata sangat membantu kegiatan belajar mengajar yang selama pandemi Covid-19 ini berlangsung secara daring atau online. Melalui aplikasi ini, guru dan siswa dapat menciptakan aktivitas belajar yang lebih efektif, efisien, dan menyenangkan

Terdapat berbagai macam aplikasi mengajar yang mudah digunakan serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa. Mulai dari aplikasi untuk presentasi interaktif, membuat kuis online, bank soal, hingga absensi siswa.

Agar lebih jelas, yuk simak daftar aplikasi mengajar yang bisa digunakan guru dan siswa selama pembelajaran daring berikut ini. 

Aplikasi mengajar online untuk presentasi interaktif

Sebagian besar materi dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh disampaikan guru melalui presentasi. 

Agar slide presentasi lebih menarik, Bapak dan Ibu guru bisa menggunakan beberapa aplikasi mengajar untuk presentasi interaktif berikut ini. 

1. Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis online dan publikasi yang sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula ataupun seseorang tanpa latar belakang desain grafis. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam desain menarik, mulai dari logo, poster, infografis, hingga presentasi. 

Jika ingin lebih cepat dan anti ribet, Bapak dan Ibu guru bisa menggunakan template slide presentasi yang sudah disediakan oleh Canva. Ada lebih dari 8.000 template menarik, baik yang gratis maupun berbayar yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

Tak hanya itu saja, Canva juga menawarkan kemudahan akses, yakni bisa diakses melalui perangkat desktop maupun mobile sehingga Bapak dan Ibu guru bisa menyelesaikan slide presentasi di mana pun dan kapan pun. 

Jika ingin mengakses semua fitur yang tersedia tanpa batasan, Bapak dan Ibu guru bisa menggunakan Canva versi berbayar.

2. Jamboard

Jamboard adalah aplikasi mengajar untuk presentasi interaktif

Butuh aplikasi mengajar yang bisa memudahkan kolaborasi real time antara guru dan siswa? Aplikasi mengajar Jamboard ini pilihannya. 

Jamboard merupakan aplikasi yang papan tulis digital yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media untuk menjelaskan materi pembelajaran dengan cara menulis materi, menambahkan gambar, audio, dan informasi lainnya.

Dengan aplikasi mengajar ini, Bapak dan Ibu guru juga bisa menggunakan fitur pengeditan dan anotasi untuk mengedit slide presentasi dalam waktu bersamaan dengan siswa dan mengunduh slide presentasi dalam berbagai format (PDF, PNG, dan JPG). 

3. Explain Everything

Tak berbeda jauh dengan Jamboard, Explain Everything juga bisa digunakan untuk membuat presentasi yang menarik dan unik di laptop, komputer, maupun smartphone.

Aplikasi screencasting whiteboard interaktif ini, juga memudahkan Bapak dan Ibu guru bila ingin menambahkan gambar, audio, video, dan animasi agar presentasi terlihat semakin menarik.

Aplikasi mengajar online untuk manajemen kelas

Agar kelas dapat berjalan dengan lancar meskipun masih dilakukan secara daring, Bapak dan Ibu guru patut mempertimbangkan penggunaan aplikasi mengajar online untuk manajemen kelas berikut ini. 

4. KOCO Schools

Aplikasi mengajar terlengkap ini menawarkan berbagai fitur-fitur menarik yang telah disesuaikan dengan pembelajaran di Indonesia. Menariknya lagi, aplikasi LMS (Learning Management System) asal Singapura ini, bisa digunakan oleh guru atau sekolah secara GRATIS.

Mau mengajar online, offline, maupun hybrid, semua bisa dilakukan dengan menggunakan platform KOCO Schools karena sudah dilengkapi fitur-fitur penting dalam mendukung pembelajaran tersebut.

Dengan aplikasi mengajar KOCO Schools, Bapak dan Ibu guru bisa mengirimkan tugas ke beberapa kelas sekaligus lengkap dengan penjadwalan otomatis sehingga ketika guru ada urusan diluar sekolah, tugas secara otomatis akan terkirim ke akun siswa.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga menawarkan fitur presentasi kehadiran yang memudahkan Bapak dan Ibu guru dalam merekap kehadiran siswa, baik di sekolah maupun di rumah secara bersamaan, serta fitur ringkasan kinerja harian yang dapat membantu guru dalam menganalisis hasil kerja harian siswa dengan bantuan grafik interaktif. 

Selain menawarkan kemudahan dalam manajemen kelas, KOCO Schools juga hadir sebagai aplikasi yang dapat memberikan pelatihan guru setiap bulan secara gratis dengan berbagai tema sesuai dengan kebutuhan pendidik.

5. Edmodo

Rekomendasi aplikasi mengajar untuk manajemen kelas

Bagi Bapak dan Ibu guru yang ingin membagi siswa ke dalam kelompok belajar kecil seperti di dalam kelas pada umumnya, aplikasi Edmodo ini cocok untuk digunakan. 

Aplikasi yang sudah hadir sejak tahun 2009 ini memiliki fitur assignment yang dapat membantu Bapak dan Ibu guru dalam memberikan tugas kepada siswa. Lewat fitur ini, guru bisa mencantumkan file, dokumen, link, atau sumber lainnya yang ingin diberikan. 

Kemudian, ada fitur Gradebook yang membantu guru dalam merekap nilai siswa, fitur Award Badge untuk memberikan penghargaan kepada siswa atau kelompok yang berhasil mengerjakan quiz atau tugas dengan hasil sangat baik, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Aplikasi mengajar online untuk kuis online

Salah satu kekurangan dari pembelajaran jarak jauh atau daring ini adalah guru sulit untuk melakukan evaluasi terhadap pemahaman siswa terhadap suatu materi pelajaran. 

Kabar baiknya, sekarang Bapak dan Ibu guru bisa memanfaatkan aplikasi kuis online. Aplikasi ini dapat memudahkan guru untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami materi sekaligus menciptakan suasana belajar online yang lebih menyenangkan. 

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi mengajar untuk membuat kuis online. 

6. Kahoot!

Aplikasi kuis online yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi karena sangat sering digunakan sebagai salah satu aplikasi pembelajaran. 

Dengan aplikasi Kahoot! ini, Bapak dan Ibu guru dapat membuat soal kuis dalam bentuk apat berupa video, gambar, dan pilihan ganda, serta mengakses laporan tentang tingkat kemajuan kelas. 

Tak hanya itu saja, aplikasi kuis online berbasis game ini juga memungkinkan siswa untuk memainkan kuis secara individu maupun kelompok dan dapat dimainkan dengan mudah di rumah ataupun di dalam kelas. 

7. Quizizz

Quizizz adalah aplikasi kuis online

Tak berbeda jauh dengan Kahoot!, Quizizz juga merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk membuat kuis online gratis. 

Aplikasi ini menyediakan data dan perhitungan statistik kinerja peserta didik yang mana hasilnya dapat menggambarkan sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi. 

Dengan begitu, Bapak dan Ibu guru bisa melakukan evaluasi pembelajaran dengan lebih mudah. 

8. Quizlet

Bagi Bapak dan Ibu guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia ataupun bahasa asing, aplikasi Quizlet ini adalah pilihan yang sangat tepat. 

Pasalnya, aplikasi kuis online ini dirancang untuk memudahkan guru dalam mengajarkan sekaligus menguji kosakata baru dalam bahasa asing yang sudah dipelajari siswa. 

Ada berbagai jenis soal kuis online yang bisa Bapak dan Ibu guru buat dengan aplikasi ini, mulai dari bentuk flash card, pilihan ganda, hingga mencocokan gambar. 

Aplikasi mengajar untuk absen siswa online

Apakah Bapak dan Ibu guru sering merasa kesulitan membuat absen siswa untuk banyak kelas selama pembelajaran jarak jauh ini? Tenang, sekarang sudah ada aplikasi yang bisa membantu Bapak dan Ibu guru dalam mengelola absen siswa online. 

Berikut aplikasi mengajar online untuk absen siswa online yang bisa dimanfaatkan.

9. Zoho Form

Aplikasi absen siswa online ini menyediakan fitur absensi online yang sangat mudah untuk digunakan. Siswa hanya perlu membuka tautan yang sudah Bapak dan Ibu guru kirimkan untuk absen. 

Selain itu, ada juga fitur tanda tangan yang dapat membuat absen online ini menjadi lebih kredibel karena siswa diharuskan untuk menggambar tanda tangannya pada kotak yang disediakan setiap kali absensi. 

Bapak dan Ibu guru juga tidak perlu khawatir data absensi akan hilang karena semua data yang masuk sudah terekam di aplikasi Zoho Form dan bisa dicetak kapanpun Bapak dan Ibu guru inginkan. Semua layanan ini bisa dinikmati secara gratis.

10. KOCO Schools

Aplikasi koco schools cocok untuk pembelajaran daring

Tidak hanya dapat digunakan sebagai aplikasi untuk manajemen kelas saja, KOCO Schools juga menyediakan fitur absensi online yang dapat digunakan secara gratis. 

Dengan menggunakan fitur absensi online dari KOCO Schools, data absensi siswa akan terakumulasi setiap hari dan terintegrasi dengan data siswa  individual maupun kelas secara keseluruhan. Data juga akan terakumulasi dengan data harian dan semester. 

Lebih lanjut, Bapak dan Ibu guru tidak perlu mengunduh data absensi siswa satu per satu. Cukup unduh data dan input dalam rapor siswa diakhir bulan atau semester. Lebih praktis, kan? 

11. KelasQ

Aplikasi absensi siswa online berikutnya adalah KelasQ. Aplikasi ini yang sudah diunduh sebanyak lebih dari 10.000 kali ini, menyediakan fitur-fitur menarik, seperti video call, soal, tugas, kuis, dan lainnya dengan tampilan feed yang mirip seperti media sosial pada umumnya. 

Bahkan, aplikasi KelaQ ini juga menyediakan fitur, seperti untuk update status, story kelas, like dan komentar di postingan. Mirip sekali, bukan dengan media sosial yang sering Bapak dan Ibu guru gunakan?

Aplikasi mengajar online untuk bank soal

Berikut adalah beberapa aplikasi yang menyediakan fitur bank soal sebagai referensi Bapak dan Ibu guru dalam membuat soal kuis, ujian, atau latihan untuk siswa. 

12. Kejarcita.id

Kejarcita.id merupakan sebuah situs pendidikan yang dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita. Selain bisa diakses melalui web, Bapak dan Ibu guru juga bisa menggunakan Kejarcita.id dengan mengunduh aplikasinya secara gratis di PlayStore.

Fitur bank soal merupakan salah satu fitur yang dimiliki sekaligus fitur unggulan dari Kejarcita.id. Fitur ini menyediakan 38.000++ butir soal yang bisa digunakan oleh guru dan siswa, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA dan setiap soalnya sudah dilengkapi dengan pembahasan. 

Tak hanya itu saja, melalui layanan Kejar HOTS, Kejarcita.id juga menyediakan materi dalam bentuk video dan soal-soal latihan HOTS yang dapat menguji kemampuan analisis dan evaluasi siswa. 

Bapak/Ibu guru mungkin bisa mengambil inspirasi dari materi HOTS ini sebagai bahan mengajar di kelas dan menggunakan bank soal HOTS untuk menguji kemampuan menganalisis siswa di kelas.

13. Klassku

Klassku adalah aplikasi bank soal

Jika butuh referensi untuk membuat soal kuis, latihan, atau ujian tingkat SMP dan SMA, Bapak dan Ibu guru bisa memanfaatkan aplikasi Klassku ini. 

Klassku adalah situs sekaligus aplikasi bank soal yang menyediakan ribuan soal lengkap dengan pembahasannya. Terdapat fitur-fitur latihan seperti Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. 

Itu dia rekomendasi aplikasi mengajar online gratis untuk guru dan siswa! Pernah menggunakan salah satunya atau punya rekomendasi lain? Komentar di bawah ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.