Education

Aplikasi Mengajar Terlengkap untuk Bantu Pekerjaan Guru!

Semenjak berlangsungnya pembelajaran secara daring akibat pandemi, para pengajar harus beradaptasi dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran jarak jauh. Agar aktivitas kelas tetap berjalan efektif, sekolah, guru, dan siswa harus memanfaatkan teknologi termasuk aplikasi mengajar.

Pada 2020 saja, penggunaan aplikasi mengajar di Indonesia bertumbuh sebanyak 33% dibandingkan periode sebelumnya. Melalui aplikasi mengajar, guru dan siswa dapat terbantu menciptakan aktivitas belajar yang lebih efektif, efisien, bahkan menyenangkan. Mulai dari kuis, presentasi interaktif, manajemen kelas, hingga belajar sambil bermain, semua bisa dilakukan aplikasi mengajar yang juga mendukung pembelajaran jarak jauh.

Kini, semakin banyak berbagai aplikasi mengajar diluncurkan untuk menjawab kebutuhan pengguna dari berbagai pengajar dan siswa. Aplikasi yang sudah ada sebelumnya pun terus mengembangkan diri untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Salah satu aplikasi mengajar tersebut adalah KOCO Schools! KOCO Schools merupakan platform pendidikan yang membantu guru agar dapat mengelola kelas dengan mudah, efektif dan efisien dengan layanan Learning Management System (LMS). KOCO Schools juga sudah dilengkapi dengan kebutuhan belajar hybrid, jadi Bapak dan Ibu guru tidak perlu khawatir jika harus mengajar kembali dari rumah.

LMS KOCO Schools sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang menunjang kebutuhan kegiatan belajar mengajar yang utama. Penasaran apa saja fitur-fitur tersebut? Ini dia ulasannya!

Daftar dan Login dengan Mudah

KOCO Schools Homepage

Tidak perlu memakan waktu lama, mendaftar ke KOCO Schools sangat mudah lho. Dalam waktu <1 menit saja, Bapak dan Ibu guru sudah mulai bisa mempersiapkan kebutuhan Bapak dan Ibu guru dengan fitur-fitur yang dimiliki KOCO.

Caranya, Bapak dan Ibu guru cukup mengunjungi situs KOCO Schools, klik ‘sign up for free’, lalu masukkan Nama, Email dan Password yang ingin digunakan.

User friendly

Ketika pertama mendaftar atau login ke platform KOCO Schools, Bapak dan Ibu guru akan disambut dengan tampilan dashboard KOCO yang sudah didesain dalam memudahkan guru melihat serangkaian aktivitas yang akan dijalani.

Daftar KOCO Schools

Pada halaman dashboard, Bapak dan Ibu guru bisa melihat langsung jadwal kelas per hari ini, kalender harian guru, tracking penugasan yang sedang dalam proses maupun telah selesai. Bapak dan Ibu guru juga akan bisa melihat berita pelatihan webinar atau live class terkini untuk guru sehingga tidak akan ketinggalan infonya dan mendaftarkan diri.

Membuat Kelas

Semua aktivitas mengajar untuk tiap mata pelajaran yang berbeda-beda bagi siswa pasti dilaksanakan di dalam sebuah kelas. Sudah pasti fitur ini menjadi salah satu andalan atau kebutuhan utama yang dapat membantu guru!

Buat Kelas Digital

Saat pertama kali mendaftar, Bapak dan Ibu guru bisa langsung mulai membuat kelas, setelah itu kelas-kelas lain yang mungkin Bapak dan Ibu guru miliki juga bisa ikut ditambahkan dengan mudah. Bapak dan Ibu guru hanya tinggal mengisi kolom yang menuliskan nama kelas, tingkat kelas serta nama mata pelajaran. Setelah kelas berhasil dibuat, Bapak dan Ibu guru akan mendapat serangkai kode berupa tautan (link) untuk disebarkan ke siswa. Nantinya, siswa bisa mengakses sendiri tautan tersebut dan langsung masuk ke dalam kelas yang Bapak dan Ibu guru buat di dalam platform KOCO. Mudah bukan?

Dalam fitur kelas ini, Bapak dan Ibu guru jika bisa melakukan hal lainnya yang dibutuhkan seperti menambah daftar siswa secara manual, memantau penugasan, melihat laporan perkembangan siswa, melihat rekap absen dan persentasenya, hingga membuat jadwal kelas online.

Integrasi Google Classroom

Bapak dan Ibu guru sudah menggunakan aplikasi lain seperti Google Classroom untuk membuat kelas virtual?

Tak perlu khawatir atau repot! Platform KOCO Schools kini terintegrasi dengan Google Classroom, yang berarti Bapak dan Ibu guru bisa dengan mudah mentransfer kelas yang ada di Google Classroom ke dalam KOCO Schools.

Melalui fitur import kelas, Bapak dan Ibu guru hanya akan diminta sign in ke akun gmail, dan setelahnya KOCO langsung mendeteksi kelas yang sudah Bapak dan Ibu guru buat di Google Classroom. Cukup dengan mencentang box check list, kelas langsung bisa pindah ke dalam platform KOCO dan muncul dengan kelas-kelas lainnya yang sudah ada.

Kelas Virtual

Absensi Online

Jangan lupa pantau kehadiran siswa tiap harinya saat pembelajaran jarak jauh atau online. Fitur absensi KOCO Schools memudahkan Bapak dan Ibu guru membuat absen untuk banyak siswa dan kelas dengan akurat dan hemat waktu.

Bapak dan Ibu guru bisa melihat absen berdasarkan tingkat kelas, nama kelas yang diberikan, mata pelajaran, tipe absensi (rumah/sekolah), tanggal, serta waktu absensi.

Bapak dan Ibu guru bisa mencentang daftar siswa yang hadir atau pun secara otomatis menceklis seluruh daftar hadir jika semua siswa hadir.

Perpustakaan Digital

Melalui fitur ini, Bapak dan Ibu guru bisa menambahkan file pdf. berupa eBook, tugas, presentasi, dll. yang dimiliki untuk disimpan dalam library guru. Nantinya, Bapak dan Ibu guru bisa membuka kembali file tersebut kapanpun dibutuhkan.

Penugasan dan Ujian Online

Bapak dan Ibu guru sering merasa kerepotan mengirimkan tugas online ke siswa?

Fitur penugasan KOCO Schools membantu Bapak dan Ibu guru mendistribusikan tugas pada siswa dengan ringkas dan tidak memakan banyak waktu. Pada fitur ini, Bapak dan Ibu guru tinggal mengupload file tugas yang bisa dipilih dari komputer, Library KOCO, Google Drive, serta eBook gratis atau berbayar yang sudah disediakan langsung dari KOCO Schools!

Bapak dan Ibu guru bisa meninjau kembali file yang akan diberikan sebelum dibagikan ke kelas. Bagaimana cara membagikannya? Bapak dan Ibu guru hanya perlu klik ‘OK’, dan file tugas sudah bisa dilihat kembali di dalam fitur kelas.

buat tugas online

Ingin memantau apakah siswa mengerjakan tugasnya? Bisa!

Bapak dan Ibu guru bisa melihat progress tugas tiap siswa dalam kelas dalam bentuk persentase dan waktu yang siswa luangkan melakukan tugas tersebut.

Jadwal guru

Guru biasanya memiliki jurnal kegiatan harian guru untuk merencanakan berbagai kegiatan yang akan dijalani selama hari tersebut. Lewat KOCO Schools, Bapak dan Ibu guru tetap dapat mengatur jadwal dengan lebih mudah karena sudah cukup ditambahkan saja pada fitur Kalender.

Melalui fitur Kalender ini, Bapak dan Ibu guru juga dapat mengatur jadwal tugas, jadwal kelas online dan juga membuat reminder kegiatan berdasarkan tanggal dan waktu sehingga Bapak dan Ibu guru akan ternotifikasi selama hari berlangsung dan tidak melupakan kegiatan berikut.

Pelatihan guru

Bapak dan Ibu guru ingin meningkatkan kompetensi sebagai guru? Kalau begitu, pasti Bapak dan Ibu tidak ingin ketinggalan ikut serta dalam pelatihan guru yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta.

Pelatihan Guru

Melalui platform KOCO Schools, Bapak dan Ibu guru akan mendapat update berbagai webinar dan live class pelatihan guru yang membahas topik seputar keterampilan mengajar dan dunia pendidikan. Ditambah lagi, Bapak dan Ibu guru bisa ikut serta secara gratis!

Store

Jika Bapak dan Ibu guru membutuhkan materi berupa persiapan ujian, materi belajar, atau pelatihan tertentu yang berbayar, Bapak dan Ibu guru bisa membelinya dengan mudah di Store KOCO. Pembayarannya juga sudah terhubung dengan platform eWallet.

Itu dia fitur-fitur yang dimiliki KOCO Schools untuk membantu Bapak dan Ibu guru mengajar! Tunggu apalagi? Cusss langsung saja daftarkan diri Bapak dan Ibu guru di sini untuk dapatkan manfaatnya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.