Insights, Teaching Resources

Ini Dia Rekomendasi 7 Blog Guru Terbaik yang Penuh Inspirasi

blog guru

Selain aktif mengikuti pelatihan guru, membaca blog guru juga bisa memperluas wawasan Bapak dan Ibu guru sekaligus lewat cerita ataupun artikel yang ditulis oleh pemilik blog atau sering disebut blogger. Bahkan, Bapak dan Ibu guru mungkin bisa membangun networking yang lebih luas lagi dari berbagai profesi.

Tak sampai di situ saja, Bapak dan Ibu guru yang punya kemampuan menulis dan senang berbagi pengalaman dan cerita di blog pribadi juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan, lho

Jika tertarik, berikut ini ada beberapa blog guru yang mungkin bisa menjadi referensi Bapak dan Ibu guru sebelum membuat blog sendiri ataupun hanya sekedar untuk bacaan di kala waktu senggang. 

1. Ms. Cassidy’s Classroom Blog

Dikelola sekaligus didirikan oleh seorang guru kelas satu di Moose Jaw, Saskatchewan, Kanada bernama Kathy Cassidy, blog ini sekilas terlihat seperti kelas virtual di mana, Cassidy mengajak para pembaca blognya untuk mampir ke dalam kelas dan berinteraksi dengan muridnya yang berjumlah 20 orang. 

Dalam blog ini juga, Bapak dan Ibu guru bisa melihat apa saja yang dipelajari 20 siswa tersebut, seperti cara membuat pancake, poster, dan sebagainya. Ms. Cassidy’s Classroom Blog juga memberikan ide-ide kreatif yang mungkin bisa Bapak dan Ibu guru terapkan di kelas, seperti membuat karakter dongeng dari tanah liat, melukis mural di atas karton tebal, memainkan game tentang kesetaraan dan ketidaksetaraan, serta kegiatan kreatif lain yang menyenangkan. 

Kathy Cassidy juga rajin membagikan aktivitas murid-muridnya dalam bentuk foto dan video yang bisa pembaca tonton di dalam blognya. Apabila ingin memberikan komentar, pembaca bisa menuliskannya pada kolom komentar. 

Namun, apabila ingin berkontak langsung dengan Mrs. Cassidy, Bapak dan Ibu guru bisa mengirimkan email ke alamat email yang tercantum pada blog tersebut. 

2. Fun A Day

Untuk Bapak dan Ibu guru yang menjadi tenaga pendidik di Pre Kindergarten atau PAUD, blog guru Fun A Day ini bisa jadi salah satu bacaan yang menarik sekaligus tempat untuk mencari ide mengajar. Sebab,  Mary Catherine, pengelola sekaligus pendiri blog Fun A Day sering membagikan ide-ide menarik yang pastinya menyenangkan dan dapat mengasah kreatifitas murid di kelas, seperti membuat kerajinan tangan dari stik es krim, slime dan masih banyak lagi. 

Tak hanya itu saja, blog ini juga membagikan gambar-gambar lucu yang bisa Bapak dan Ibu guru print sendiri sebagai bahan untuk mengajar. Ada juga tips-tips bermanfaat untuk semua guru PAUD. 

Bahan mengajar ini juga bisa Bapak dan Ibu manfaatkan untuk dikerjakan secara digital melalui KOCO Schools.

Selain itu, blog ini juga menjual berbagai media pembelajaran yang cukup lengkap, buku, dan lain-lain. Jika tertarik, Bapak dan Ibu guru bisa mengunjungi online shop-nya di homepreschool101.com. 

3. Science Fix

Perlu referensi mengajar yang melibatkan eksperimen? Blog guru Science Fix ini bisa jadi referensi yang tepat untuk Bapak dan Ibu guru. 

Blog ini dikelola oleh guru sains sekolah menengah bernama Darren Fix yang sudah memiliki pengalaman mengajar selama 17 tahun. Saat ini Fix mengajar sains untuk kelas 7 dan 8 di Spring View Middle School, Rocklin, Ca. 

Darren Fix sering membagikan pelajaran dan eksperimen sainsnya dalam bentuk video sehingga Bapak dan Ibu guru bisa melihat langsung bagaimana cara melakukan eksperimen tersebut. Tak hanya video eksperimen saja, tapi Darren Fix juga membagikan video tentang bakteri dan kuman yang terdapat pada tangan serta mengamati mikroorganisme dengan menggunakan smartphone.

Selain bisa digunakan sebagai referensi mengajar di kelas, video yang dibagikan oleh Darren Fix juga bisa menjadi media pembelajaran secara audio visual dengan memutar salah satu video eksperimen di kelas. Dengan begitu, murid bisa memahami penjelasan dengan lebih mudah karena ada gambarannya. 

4. Beyond The Worksheet

Membosankan, susah, banyak angka dan hitungannya, ditambah lagi dengan rumus-rumus yang harus dihafalkan adalah hal-hal negatif yang tertanam dalam benak murid mengenai mata pelajaran matematika. Bahkan, tak sedikit pula murid yang kurang menyukai mata pelajaran ini. 

Padahal, mata pelajaran yang identik dengan angka ini bisa menjadi ilmu yang menyenangkan, lho. Hal inilah yang mendorong Lindsay untuk mendirikan sebuah blog khusus untuk membantu guru matematika dalam menyampaikan materi dengan lebih menyenangkan dan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif. 

Melalui blognya yang bernama Beyond The Worksheet ini, Lindsay membagikan tips-tips mengajar matematika berdasarkan pengalamannya seperti memperkenalkan persamaan kepada murid hingga tips menenangkan kelas yang gaduh. 

5. KOCO School

KOCO School merupakan salah satu produk yang diluncurkan oleh KOCO, yakni startup yang bergerak di bidang Edtech asal Singapura. Sebagai platform tugas digital, KOCO School hadir untuk membantu guru dan murid berkolaborasi serta mengelola tugas secara lebih efektif. 

KOCO School juga menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan Bapak dan Ibu guru dalam kegiatan belajar mengajar, seperti Emo-meter Siswa yang membantu siswa mengejar ketertinggalannya dan menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat pemahaman masing-masing, Ringkasan Kinerja Harian untuk menganalisis hasil kerja harian siswa dengan grafik interaksi, dan berbagai fitur menarik lainnya. 

Tak hanya itu saja, Bapak dan Ibu guru juga bisa ikut dalam program pelatihan guru yang diselenggarakan oleh KOCO School. Melalui pelatihan guru ini, Bapak dan Ibu guru dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi melalui berbagai topik pelatihan, termasuk metode pengajaran, keterampilan mengajar, dan bagaimana cara menerapkannya di kelas. 

Program pelatihan guru ini dilakukan secara bulanan, triwulan, maupun lebih dari triwulan dengan pemateri yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya. 

Selain itu, dalam blognya juga, KOCO School menyediakan berbagai macam artikel seputaran dunia pendidikan yang bisa Bapak dan Ibu guru baca saat waktu senggang. 

6. Teacher Toolkit

Didirikan oleh Ross McGill sejak tahun 2007, blog ini bertujuan untuk berbagi pemikiran dan ide-ide pembelajaran menarik kepada semua guru di dunia. Blog guru yang satu ini diklaim sebagai salah satu blog edukasi yang berpengaruh di Inggris. 

Tak hanya menyediakan artikel seputaran dunia pendidikan saja, Teacher Toolkit juga hadir dalam bentuk podcast yang bisa Bapak dan Ibu guru dengarkan langsung di website-nya. 

Selain aktif sebagai blogger, Ross McGill juga aktif menulis buku. Hingga saat ini, ia sudah menerbitkan 8 buah buku.

7. What The Teacher Wants

Blog berikutnya yang direkomendasikan untuk guru adalah What The Teacher Wants. Blog yang didirikan oleh dua orang sahabat yang berprofesi sebagai guru di Utah, yaitu Rachelle and Natalie ini berbagi ide pembelajaran khususnya untuk murid Sekolah Dasar yang berfokus pada matematika dan seni.

Keduanya meyakini bahwa pembelajaran haruslah menarik dan menyenangkan bagi murid dan guru. Itulah sebabnya, dalam blog tersebut banyak menyediakan berbagai media pembelajaran dalam bentuk grafis berwarna-warni yang bisa Bapak dan Ibu guru print sendiri. Bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran di kelas maupun untuk mendekorasi ruang kelas bersama murid.

Leave a Reply

Your email address will not be published.