Facts

Teacher Burnout? Ini 4 Hal Yang Wajib Dilakukan!

Kehilangan semangat bekerja, mudah lelah, lebih sensitif, serta membenci pekerjaan yang saat ini digeluti, apakah saat ini Bapak dan Ibu Guru sedang merasakan hal-hal tersebut?

Kalau iya, kemungkinan Bapak/Ibu guru terkena yang namanya burnout syndrome. Burnout syndrome adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami stres berat yang dipicu oleh pekerjaan. Kondisi ini muncul akibat pekerjaan yang menumpuk dan ekspektasi yang tidak sesuai dengan kenyataan. Nah, apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, rasanya kerjaan tidak ada habisnya, yang biasanya kerja 8 jam/hari, sekarang bisa lebih. Kondisi ini tidak boleh dianggap remeh karena burnout syndrome yang tidak ditangani dengan baik bisa berakhir depresi.

Jika Bapak/Ibu guru mulai merasakan gejala-gejala burnout syndrome, coba atasi dengan beberapa cara berikut ini

๐Ÿ. ๐๐ฎ๐š๐ญ ๐๐š๐ญ๐š๐ฌ๐š๐ง ๐๐š๐ง ๐‰๐š๐๐ฐ๐š๐ฅ ๐Š๐ž๐ซ๐ฃ๐š ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐‰๐ž๐ฅ๐š๐ฌ

Meskipun saat ini mayoritas pekerjaan dilakukan dari rumah, Bapak/Ibu guru tetap harus membuat batasan jam kerja misalnya, hanya bekerja selama 8 jam/hari. Nah, setelah itu buatlah jadwal kerjanya juga, kira-kira waktu 8 jam/hari itu Bapak/Ibu guru harus mengerjakan apa saja? Apakah harus mengoreksi pekerjaan murid, membuat soal, atau mendampingi konsultasi murid untuk ikut lomba?

๐Ÿ. ๐‹๐š๐ค๐ฎ๐ค๐š๐ง โ€œ๐Œ๐ž ๐“๐ข๐ฆ๐žโ€

Setelah semua pekerjaan selesai, tidak ada salahnya Bapak/Ibu guru meluangkan waktu sedikit untuk melakukan me time atau kegiatan positif lainnya, seperti olahraga di rumah, tidur, atau melakukan hobi.

๐Ÿ‘. ๐Š๐ฎ๐ซ๐š๐ง๐ ๐ข ๐„๐ค๐ฌ๐ฉ๐ž๐ค๐ญ๐š๐ฌ๐ข

Ingat salah satu pemicu burnout syndrome adalah ekspektasi yang tidak sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu, Bapak/Ibu guru bisa mengatur pola pikir dan bersikap realistis saja, seperti memaklumi bahwa bekerja dari rumah mungkin tidak akan semaksimal kerja di sekolah. Ada saja hambatannya seperti rekan kerja yang sulit dihubungi atau murid yang sering terlambat mengirimkan tugas. Ini perlu dilakukan supaya Bapak/Ibu guru tidak mudah stres.

๐Ÿ’. ๐‚๐ž๐ซ๐ข๐ญ๐š๐ค๐š๐ง ๐๐š๐๐š ๐Ž๐ซ๐š๐ง๐  ๐“๐ž๐ซ๐๐ž๐ค๐š๐ญ ๐๐š๐ง ๐๐ข๐ฌ๐š ๐ƒ๐ข๐ฉ๐ž๐ซ๐œ๐š๐ฒ๐š

Coba ceritakan apa yang tengah dirasakan Bapak/Ibu guru kepada orang terdekat yang bisa dipercayai. Meskipun tidak selalu mendapatkan solusi, tapi cara ini setidaknya bisa mengurangi stres yang tengah dirasakan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi burnout syndrome. Apabila Bapak/Ibu guru sudah menerapkan cara-cara tersebut dan tetap mengalami burnout, segera konsultasikan kepada profesional seperti psikolog ataupun psikiater agar mendapat penanganan yang tepat.

2 thoughts on “Teacher Burnout? Ini 4 Hal Yang Wajib Dilakukan!

  1. Iya admin, belakangan ini kadang seperti itu apalagi sudah 1,5 tahun mengajar daring dan stand by di depan laptop. Kurang gerak juga dan merasa kerjaan banyak walau tidak kelihatan mengajar.
    Untung banyak teman2 dekat yang support sehingga selalu semangat.
    Terima kasih atas tipsnya. Tetap semangat!

  2. Burnout pasti dialami kebanyakan guru dan siswa karena penyesuaian pembelajaran daring. Apalagi kalau guru sedang menggebu-gebu menyiapkan materi tetapi ketika ada penugasan, beberapa siswa belum kumpul.

Leave a Reply

Your email address will not be published.