Education

Pelatihan Guru: Manfaat, Contoh Program, dan Rekomendasi

pelatihan guru
pelatihan guru/Foto: freepik.com/Kamran Aydinov

Sebagai tenaga pendidik, guru tidak hanya menjalankan tugas untuk mengajari siswa di kelas saja, tetapi guru juga dituntut untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Kemampuan untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional ini perlu dilatih dari waktu ke waktu. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti pelatihan guru atau workshop guru. 

Sesuai dengan namanya, pelatihan guru adalah kegiatan pelatihan yang ditujukan untuk guru agar dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional dan mampu memaksimalkan kegiatan pembelajaran di kelas. 

Biasanya, pelatihan guru ini diselenggarakan oleh instansi pemerintahan maupun swasta, mulai dari pelatihan untuk guru atau diklat guru yang berbayar hingga gratis. Program pelatihan yang diajarkan pun biasanya bermacam-macam. 

Nah, apa saja contoh program pelatihan guru yang dapat mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas kinerjanya? Adakah rekomendasi pelatihan guru online terbaik yang bisa diikuti? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Manfaat pelatihan untuk guru

Sebelum membahas contoh program dan rekomendasi pelatihan guru terbaik yang bisa diikuti, tahukah Bapak dan Ibu guru kalau pelatihan guru atau diklat guru ini memiliki banyak sekali manfaat?

Selain membantu Bapak dan Ibu guru dalam mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas kinerja, ada manfaat lain yang juga bisa diperoleh dari kegiatan pelatihan ini. Apa saja itu?

1. Meningkatkan semangat guru

Dalam kegiatan pelatihan guru, Bapak dan Ibu guru akan mendapatkan berbagai pengarahan dan motivasi dari pelatih. Pengarahan dan motivasi ini diharapkan dapat mengembalikan semangat Bapak dan Ibu guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai guru setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini.

2. Meningkatkan produktivitas guru

Tak hanya semangat dan motivasi saja, selama mengikuti pelatihan guru, Bapak dan Ibu guru juga akan mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan baru yang diajarkan, baik yang berkaitan dengan media pembelajaran, metode pembelajaran inovatif, dan masih banyak lagi. 

Semakin banyaknya pengetahuan dan keterampilan yang Bapak dan Ibu guru dapatkan, diharapkan akan membuat guru semakin produktif dalam mengajar.

3. Memperluas koneksi guru

Biasanya pelatihan guru diikuti oleh sejumlah guru yang berasal dari berbagai sekolah. Contohnya, program pelatihan Kemendikbud. 

Melalui pelatihan ini, Bapak dan Ibu guru dapat berkenalan dengan setiap peserta diklat sehingga dapat memperluas koneksi.

4. Meningkatkan profesionalitas guru

Diklat guru merupakan salah satu cara untuk menciptakan tenaga pendidik yang berkualitas. Sebab, melalui kegiatan ini, guru dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengajar, mendidik, dan membimbing siswanya sehingga profesionalitasnya pun akan meningkat.

Contoh program pelatihan untuk guru

diklat guru
Foto: freepik.com/Freepik

Ada berbagai program pelatihan untuk guru yang disediakan oleh instansi pemerintahan maupun swasta. Berikut adalah beberapa contoh program pelatihan guru. 

1. Koperasi dan kewirausahaan

Kewirausahaan atau entrepreneurship merupakan salah satu program yang direkomendasikan untuk disisipkan dalam pelajaran sekolah, baik jenjang pendidikan SD hingga SMA/SMK. 

Agar guru dapat mendukung program ini, maka disediakan program pelatihan guru tentang koperasi dan kewirausahaan. Materi yang diajarkan biasanya mencakup pengertian koperasi secara umum, pemanfaatan koperasi sekolah sebagai ruang untuk siswa belajar akuntansi dan wirausaha, dan sebagainya. 

2. Pelatihan kepemimpinan (leadership)

Pelatihan di bidang kepemimpinan berfokus pada peningkatan kualitas guru di bidang ini. Tujuannya adalah untuk mendorong terjadinya akselerasi peningkatan kualitas pada bidang pendidikan. 

Pada dasarnya, guru adalah pemimpin dan dikelas sekaligus pemimpin untuk dirinya sendiri yang diharapkan dapat menularkan jiwa kepemimpinannya pada siswa maupun sesama guru.

3. Pelatihan public speaking

Guru yang kesulitan menyampaikan materi atau terkadang terlalu serius dan menekankan pada pemahaman siswa, terkadang justru membuat siswa merasa jenuh dan bosan sehingga motivasi siswa untuk belajar pun menurun. 

Namun, dengan public speaking yang baik, guru dapat menciptakan suasana belajar di kelas menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami sehingga siswa pun lebih bersemangat dalam belajar. Mengingat pentingnya memiliki kemampuan public speaking yang baik ini, tak heran jika materi ini masuk dalam salah satu program pelatihan guru.

4. Ice breaking untuk pembelajaran

Ice breaker adalah sebuah teknik yang sering diterapkan dalam seminar, pertemuan, maupun kegiatan belajar mengajar. Teknik ini bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan peserta atau siswa selama kegiatan belajar, seminar, ataupun pertemuan berlangsung. 

Setelah dilakukan ice breaking, biasanya peserta akan merasa lebih segar dan dapat berkonsentrasi kembali. Itulah mengapa, sangat penting dilakukan kegiatan ice breaking di tengah-tengah kegiatan yang serius dan membutuhkan fokus yang tinggi. Dalam program pelatihan guru ini, Bapak dan Ibu guru mungkin akan diajarkan pentingnya ice breaker dan cara membuat kegiatan ice breaking yang menyenangkan serta dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik.

5. Pelatihan pembuatan media belajar yang kreatif

Contoh program pelatihan untuk guru berikutnya adalah pembuatan media belajar yang kreatif. 

Media belajar yang kreatif, menarik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran akan membuat siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. 

Selain itu, media pembelajaran yang kreatif juga dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang lebih menyenangkan, tidak monoton, serta mendorong siswa agar lebih aktif dalam kegiatan belajar di kelas.

Rekomendasi pelatihan guru online gratis dan berbayar

Rekomendasi pelatihan untuk guru
Foto: freepik.com/Gpointstuido

Selain disediakan oleh pemerintah maupun sekolah, seperti pelatihan Kemendikbud, ada berbagai pelatihan guru yang bisa Bapak dan Ibu guru ikuti secara mandiri, baik berbayar maupun gratis. 

Soal waktu pelatihan, Bapak dan Ibu guru tidak perlu khawatir karena sebagian besar pelatihan ini dilakukan secara online sehingga dapat diikuti di mana saja dan kapan saja. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi pelatihan guru yang mungkin bisa Bapak dan Ibu guru ikuti.

1. Guru Inovatif

Guru Inovatif adalah platform online learning bersertifikat untuk guru. Platform yang disediakan oleh Hafecs Indonesia  ini memiliki tujuan memberikan edukasi terbaru mengenai teknologi, khususnya dalam dunia pendidikan dan beberapa metode pembelajaran menarik. 

Ada berbagai program pelatihan yang bisa Bapak dan Ibu guru ikuti lewat kursus, webinar, dan sertifikat yang dilakukan secara online. 

Setiap program pelatihan guru dari Guru Inovatif sudah dilengkapi dengan jam pelajaran (JP) yang bervariasi, seperti sertifikat pelatihan guru online 32JP dan productivity course

Untuk mengikuti pelatihan guru dari Guru Inovatif ini, Bapak dan Ibu guru harus mengeluarkan uang mulai dari Rp25.000 hingga Rp95,000 untuk setiap webinarnya.

2. Guru Binar

Guru Binar adalah platform pengembangnan karir guru yang menyediakan pelatihan yang terstruktur, terukur, sesuai dengan kebutuhan, yang memungkinkan peserta belajar kapan saja, dimana saja secara online guna meningkatkan kompetensi guru. 

Selain pelatihan guru, Guru Binar juga menyediakan program menarik lainnya, seperti Program Menulis Bersama, Program Pelatihan Bersama, dan Program Bootcamp

Namun, tidak semua program pelatihan maupun program menarik lainnya bisa diakses secara gratis. Ada beberapa program yang mengharuskan Bapak dan Ibu guru mengeluarkan biaya pelatihan.

Biayanya berkisar mulai dari Rp100.000 hingga Rp499.000.

3. Kejarcita.id

Lewat layanan Paket Ngajar, Kejarcita.id menawarkan program pelatihan guru mulai dari gratis hingga berbayar.

Program pelatihan dari Kejarcita.id ini menawarkan beberapa manfaat, seperti webinar publik yang bisa diikuti 2-8 kali, bank RPP 1-halaman yang bisa diakses tanpa batas, hingga bank soal yang bisa diakses gratis untuk semua mata pelajaran

Jika tertarik, Bapak dan Ibu guru bisa mendaftar ke program pelatihan guru dari Kejarcita.id yang gratis, ataupun berbayar dengan mengeluarkan uang Rp300.000 untuk paket basic. Sementara untuk mengetahui harga paket plus, Bapak dan Ibu guru bisa menghubungi langsung Kejarcita.id. 

4. KOCO Schools Academy

Program pelatihan guru yang bisa Bapak dan Ibu guru ikuti berikutnya adalah KOCO Schools Academy. 

KOCO Schools Academy adalah wadah bagi para guru untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka melalui berbagai topik termasuk metode pengajaran, keterampilan mengajar, dan bagaimana menerapkan di kelas nyata yang ditawarkan bulanan, triwulanan dan melalui bulan penuh program pengembangan terbina. 

Soal biaya, Bapak dan Ibu guru tidak perlu khawatir karena KOCO Schools Academy menyediakan pelatihan guru yang gratis dan berkualitas. 

Nantinya, selama mengikuti pelatihan ini, Bapak dan Ibu guru dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi melalui berbagai topik termasuk metode pengajaran, keterampilan mengajar, dan bagaimana menerapkan di kelas nyata.

Tak hanya itu saja, Bapak dan Ibu juga akan mendapatkan materi yang dipresentasikan oleh narasumber yang super keren dan berpengalaman, sertifikat diklat guru 16 dan 32 JP, akses eksklusif produk KOCO, serta jaringan kolaborasi dengan guru di seluruh Indonesia.

Dengan begitu, Bapak dan Ibu guru tidak hanya mendapatkan ilmu dan kemampuan baru saja, tapi juga networking baru sehingga bisa saling bertukar pengalaman sekaligus belajar satu sama lain. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program pelatihan guru dari KOCO Schools Academy, Bapak dan Ibu guru bisa langsung berkunjung di website KOCO Schools

Leave a Reply

Your email address will not be published.