Students

Persiapan Skill Sebelum Lulus SMA di Tahun 2022

Pada abad 21 ini, nilai akademis saja tidaklah cukup. Siswa SMA dituntut untuk memiliki persiapan skill lebih agar mampu bersaing dengan siswa lainnya. 

Dalam hal ini, skill yang harus dikuasai tak hanya hard skill saja, tapi juga soft skill. Dilansir dari Concordia University Saint Paul, bahkan, sebagian orang berpendapat kalau soft skill lebih penting dari hard skill

Hal ini dikarenakan hard skill bisa diajarkan dengan mudah kepada seseorang. Ia hanya perlu mengikuti pelatihan, kursus, atau mencoba terus hingga bisa. 

Sementara, soft skill diperoleh dan dikembangkan langsung melalui pengalaman dan kedewasaan seseorang. Meskipun demikian, tidak ada salahnya menguasai kedua skill tersebut. 

Persiapan Lulus untuk anak SMA
Source

Ini dia 10 Skill yang Harus Dikuasai Setiap Siswa SMA Pada Abad 21

Lantas, skill pelajar apa saja yang sebaiknya dikuasai siswa SMA? Berikut informasi selengkapnya seperti yang dilansir dari Teach Thought. 

Berpikir Kritis

Critical thinking atau berpikir kritis adalah suatu kemampuan untuk berpikir secara jernih dan rasional mengenai sebuah ide, gagasan, atau fakta sehingga tahu mana yang harus dipercaya dan apa yang harus dilakukan. Dengan kemampuan ini, siswa jadi tidak mudah terkejut, terpengaruh, atau tergoda oleh hal-hal yang belum diketahui secara pasti kebenarannya. 

Kemampuan berpikir kritis juga dapat membantu siswa  SMA, SMP, maupun SD agar tidak mudah dikelabui atau ditipu oleh orang lain karena mereka mampu melihat setiap masalah dari sudut pandang yang berbeda. 

Untuk melatih kemampuan berpikir kritis ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar di mana para siswa harus mencari tahu sendiri solusi dari permasalahan yang ada dengan mengandalkan ilmu pengetahuan dan kemampuan lain yang mereka miliki. 

Problem Solving

Kemampuan critical thinking yang baik biasanya diikuti dengan kemampuan pemecahan masalah atau problem solving yang baik pula. Sebab, critical thinking membantu siswa untuk dapat berpikir secara luas dari berbagai sudut pandang mengenai sebuah ide, gagasan, atau fakta. 

Dengan begitu, siswa dapat memecahkan masalah yang kompleks, menciptakan solusi baru dan membuat keputusan yang tepat dari setiap permasalahan yang dihadapi. Dilansir dari Indeed, memiliki problem solving yang kuat juga dapat membantu siswa sukses di berbagai bidang akademik.

Mereka juga lebih percaya diri, tidak mudah goyah atau ragu dengan setiap keputusan yang diambil. Skill ini juga sangat dibutuhkan di lingkungan kerja yang kompleks. 

Oleh karena itu, penting untuk mengasah kemampuan problem solving siswa SMA, SMP, maupun SD. 

Kemampuan Bekerja Sama dan Leadership

Tak sedikit pekerja atau fresh graduate yang gagal dalam karirnya hanya karena dinilai tidak mampu bekerja sama atau berkolaborasi dengan tim. Atau gagal mendapatkan promosi di kantor karena dinilai tidak mampu memimpin sebuah tim. 

Untuk mencegah hal tersebut, Bapak dan Ibu guru bisa melatih kemampuan bekerja sama dan kepemimpinan siswa sejak dini. 

Salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk menyelesaikan sebuah proyek atau tugas. Cara ini tidak hanya melatih kemampuan bekerja sama tim saja, tapi juga mendorong siswa untuk mengambil peran penting dalam kelompok dan melatih jiwa kepemimpinan atau leadership mereka. 

Kemampuan Beradaptasi

Skill pelajar yang harus dikuasai siswa SMA berikutnya adalah kemampuan beradaptasi yang tinggi. Kemampuan ini dapat membantu siswa memperoleh kepercayaan diri dan menjadi lebih fleksibel ketika menghadapi perubahan, apalagi sekarang ini segala sesuatu bisa berubah dan berkembang dengan cepat. 

Apabila tidak memiliki kemampuan adaptasi yang baik, siswa mungkin akan mudah merasa stres dan sulit keluar dari zona nyamannya sehingga tidak bisa mengembangkan kemampuan diri sendiri. 

Lalu, bagaimana cara mengasah skill pelajar dalam beradaptasi dengan lingkungan baru? Untuk mengasah skill ini, Bapak dan Ibu guru bisa menciptakan lingkungan yang sangat dinamis di dalam kelas, seperti menggunakan strategi pengajaran yang berbeda dan pengaturan ruang kelas. 

Komunikasi

Meskipun terlihat sepele, tetapi memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga merupakan salah satu skill pelajar yang harus dikuasai oleh siswa, baik komunikasi secara lisan maupun tulisan. Sebab, kemampuan ini dapat membantu siswa dalam menyampaikan ide atau alasan mereka. 

Siswa juga dapat menggunakan kemampuan ini untuk membangun relasi dan bekerja sama dengan orang lain.

Menurut Indeed, kemampuan komunikasi yang penting bagi siswa mencakup empat hal ini, yaitu mendengarkan secara aktif, menulis, berbicara, presentasi, dan empati. Namun, perlu diingat bahwa kemampuan ini tidak bisa didapatkan secara instan sehingga siswa harus sering berlatih agar terbiasa. 

Penguasaan Informasi dan Teknologi

Selain komunikasi, penguasaan informasi dan teknologi juga menjadi skill pelajar yang harus dikuasai mengingat hampir semua orang saat ini tidak bisa lepas dari teknologi dan informasi yang cepat tersebar. Karena itu, siswa dituntut untuk mampu menguasai penggunaan sebuah software, serta mengakses, mengelola, mengintegrasikan, serta mengevaluasi setiap informasi yang diperoleh. 

Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan imajinasinya untuk menghasilkan ide-ide baru. Siswa dapat menggunakan skill ini untuk menghasilkan karya orisinal, merancang solusi alternatif, dan memecahkan masalah yang kompleks. 

Kreativitas juga dapat membantu siswa terlihat lebih menonjol saat bersaing dengan  siswa lainnya karena memiliki cara berpikir yang berbeda dalam menyelesaikan masalah dan tugas. Selain itu, kreativitas juga dapat membantu siswa ketika berkarir di dunia kerja nantinya. 

Time Management

Seseorang yang dapat mengatur waktu dengan baik mampu mencapai tujuan dengan mudah. Hal ini dikarenakan, manajemen waktu atau time management dapat membantu seseorang dalam menentukan tugas mana yang penting dan harus diprioritaskan. 

Selain itu, kemampuan ini juga dapat membantu seseorang dalam menentukan langkah-langkah kecil agar dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau mencapai tujuan yang diinginkan, serta merencanakan jadwal harian dengan baik sehingga waktu tidak terbuang sia-sia. Itulah mengapa, siswa SMA harus menguasai kemampuan yang satu ini. 

Manajemen waktu yang baik juga memungkinkan siswa untuk memaksimalkan kemampuan mereka, mengurangi stres, dan menikmati lebih banyak waktu luang untuk melakukan kegiatan lain, seperti olahraga, hobi, atau menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Ini juga merupakan salah satu kemampuan yang paling dibutuhkan dalam pekerjaan.

Etika

Tak sedikit guru ataupun orang tua yang mengeluhkan masalah etika para siswa yang cenderung kehilangan etika atau sopan santun. Maka dari itu, mengajarkan dan menanamkan etika yang baik juga menjadi skill pelajar yang penting. 

Mau sepintar apapun mereka, memiliki kemampuan di atas rata-rata, dan beragam skill lainnya, tapi tidak diimbangi dengan etika dan sikap yang baik, tentu akan membuat para siswa tidak disukai oleh rekan kerjanya saat bekerja nanti. 

Kecerdasan Emosional 

Tak hanya kecerdasan intelektual saja, kecerdasan emosional juga penting untuk dikuasai siswa. Dengan memiliki kecerdasan emosional yang baik, siswa dapat dengan mengidentifikasi dan mengontrol emosi sehingga bisa tetap tenang saat menghadapi situasi sulit, serta mampu menyelesaikan permasalahan dengan lebih objektif. 

Semua skill ini juga dapat membantu kamu untuk mengembangkan kemampuan literasi dalam berbagai hal. Itulah beberapa skill pelajar yang penting untuk dikuasai siswa di era digital ini. Skill ini bisa ditanamkan dan dilatih sejak dini agar terbiasa dan bisa terus mengasahnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.