Teaching Method

3 Strategi Jitu Meningkatkan Interaksi Di Dalam Kelas

Kalau dulu tugas guru hanya mendidik dan membagi ilmu pengetahuan kepada murid, di abad 21 ini guru dihadapkan dengan berbagai tantangan baru guna meningkatkan pembelajaran dan membantu murid mempersiapkan masa depan mereka, seperti membimbing mereka agar memiliki keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas.

Makanya, sekarang ini guru perlu membuat strategi pembelajaran di kelas mengingat pembelajaran di abad 21 ini sudah sangat berbeda dengan abad-abad sebelumnya. Berikut strateginya:

1. Manfaatkan Teknologi

Hanya menerangkan materi lewat papan tulis saja mungkin sudah tidak zaman lagi. Sebagai gantinya, Bapak/Ibu Guru bisa menggunakan teknologi, seperti laptop, internet, dan proyektor untuk menerangkan materi. Materi yang sifatnya textbook bisa diubah ke dalam bentuk audio visual sehingga murid jadi lebih tertarik untuk belajar

2. Gunakan Metode Belajar Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Di abad 21 ini murid harus memiliki keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas atau lebih sering disebut dengan 4C skills (critical thinking, collaboration, creativity, dan communication). Dengan menggunakan metode belajar berbasis proyek ini keempat skills tersebut bisa terlatih, lho!

3. Gamification

Belajar dengan hanya mendengarkan guru menjelaskan saja seringkali membuat murid merasa bosan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Bapak/Ibu Guru bisa mencoba metode gamification atau gamifikasi dalam proses pembelajaran.

Gamifikasi adalah sebuah metode belajar yang mengadaptasi konsep video game dalam metode pembelajaran. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk memotivasi murid agar lebih semangat dan menikmati kegiatan belajar mengajar.

Dalam penerapannya, Bapak/Ibu Guru bisa menerapkan sistem poin, level, badges, atau leaderboard. Sebagai contoh, guru memberikan pertanyaan tentang satu materi, murid yang berhasil menjawab dengan benar akan mendapatkan poin. Poin bisa bertambah apabila murid bisa memberikan contoh.

Seru, ya! Selain membuat proses pembelajaran jadi lebih menyenangkan, metode belajar gamifikasi ini juga bisa meningkatkan jiwa kompetitif murid dan membuat murid jadi lebih cepat memahami materi.

Itulah strategi pembelajaran untuk abad 21 ini. Intinya, Bapak/Ibu Guru ditantang untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan bisa mengasah keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas murid. Semoga membantu!

13 thoughts on “3 Strategi Jitu Meningkatkan Interaksi Di Dalam Kelas

  1. Alhamdulillah, sudah mulai saya terapkan nih di kelas online. Gamifikasi memang luar biasa dampaknya, anak-anak semakin semangat dalam belajar.

  2. Project based learning sangat menarik untuk dilakukan dikelas sehingga murid bisa mengekspresikan dirinya pada project yang ada.

  3. Aku setuju banget sama tips nya, terutama di era pandemi ini. Dimana menggunakan yang namanya teknologi itu sudah diwajibkan malah ya menurutku heehhhe. Bahkan, guru dan murid harus memiliki yang namanya 4C (penjelasan sudah tertera di artikel). Walaupun masih ada beberapa guru yang menggunakan metode lama bahkan ngebosenin. Hal ini mengakibatkan saya sebagai siswa merasa bosen dan hilangnya rasa semangat karena penerapan konsepnya saja tidak membangkitkan semangat muridnya. Jadi menguasai 3 tips dari artikel ini sangat wajib dan harus diketahui. Izin share ya min dan e-book nya juga 🥺❤️

Leave a Reply

Your email address will not be published.