Education, Teaching Resources

Ubah Cara Mengajar Bersama KOCO Schools!

KOCO Schools merupakan platform School Management System yang integratif membantu kolaborasi antara sekolah, guru, siswa dan orangtua. Platform ini dihadirkan untuk mendukung program pemerintah dalam Digitalisasi Sekolah serta revolusi pendidikan yang terus berkembang. 

Kesulitan apa yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran online?

Ubah Cara Mengajar Bersama KOCO Schools!

1. Platform tidak integratif

Pada dasarnya, banyak guru yang sudah memulai transformasi dalam pembelajaran digital. Sayangnya, masih banyak platform atau aplikasi yang tidak terintegrasi. Sehingga guru harus membuka dan menutup antara satu aplikasi dan aplikasi lainnya.

2. Motivasi belajar siswa yang menurun

Siswa seringkali bermalas-malasan mengikuti pembelajaran. Ada yang sambil tiduran, ada yang tidak mengerjakan tugas sama sekali dan lain-lain. Faktor ini terjadi karena pembelajaran yang kurang interaktif dan monoton serta sistem pembelajaran online yang belum otomatis sehingga sulit untuk memantau aktifitas siswa.

3. Akses peserta didik dan orang tua tanpa batasan

Seringkali, guru ditelpon di luar jam pembelajaran oleh orang tua siswa untuk menanyakan tugas maupun perkembangan anaknya. Tentunya hal ini cukup mengganggu kehidupan pribadi, terlebih jika intensitasnya terlalu sering.

Masalah-masalah tersebut membuat guru gampang merasa teacher burnout. Berangkat dari masalah tersebut, KOCO Schools hadir sebagai sebuah wadah solusi untuk semuanya.

Apa saja sih yang bisa dilakukan oleh guru? 

Ada 3 proses penting yang diterapkan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu:

Persiapan

Di dalam Persiapan,  Bapak dan Ibu guru dapat menambahkan kelas secara unlimited, membuat absensi, mengatur kalender pembelajaran, membuat to-do-list dan mengupdate data siswa. 

Pengajaran

Dalam proses pengajaran di KOCO Schools, guru dapat menggunakan fitur pengiriman tugas otomatis, perpustakaan pribadi yang dapat menyimpan tugas dan materi tanpa batas, integrasi video conference dengan Zoom, akses ratusan buku Kemendikbud secara gratis, koreksi dan penilaian hingga pembuatan kuis otomatis. 

Evaluasi

Proses evaluasi tentunya penting untuk guru menilai, apakah proses pembelajaran yang dilakukan sudah efektif. KOCO Schools membantu proses penilaian baik secara kognitif dan nonkognitif, dimana guru dapat mengakses progress perkembangan siswa baik secara keseluruhan maupun individual, menganalisis sikap siswa dan juga mengetahui kepuasan serta kesulitan siswa selama proses mengajar itu sendiri.

Fitur KOCO Schools dibuat gratis dan dapat digunakan oleh guru dari mana saja cukup dengan mengisi form yang ada di halaman KOCO Schools

Ubah Cara Mengajar Bersama KOCO Schools!

16 thoughts on “Ubah Cara Mengajar Bersama KOCO Schools!

  1. Terimakasih telah menjadi alternatif dalam mengembangkan digitalisasi pendidikan di Indonesia

  2. Terima kasih untuk semua inovasi dalam mendukung pendidikan Indonesia yang lebih baik di abad 21 ini. Kereeeen

  3. Terima kasih untuk semua inovasi dalam mendukung pendidikan Indonesia yang lebih baik di abad 21 ini. Kereeeen 😊

  4. Hai aku tau koco school ini dari ins**gram ads. Aku merasa tertarik dengan konsep nya bahkan visualisasi grafisnya untuk mengenalkan apa aja sih yg ada di platform ini mudah dipahami. Aku harap dengan platform ini bisa membuat penerapan pembelajaran menjadi seru dan tidak ngebosenin.

  5. artikelnya sangat membantu dan membuka wawasan, terutama bagi saya yang kesehariannya mengajar anak-anak. massive thanks to this platform and for the owner of written.

  6. Koco schools begitu bermanfaat bagi kalangan guru dan siswa sehingga membantu proses pembelajaran berjalan dengan lancar 😉

  7. Kocoshool sangat inspiratif, inovatif, dan kreatif.
    Semoga kocoshool dapat berkontribusi lebih banyak, sehingga menjadi contoh dalam referensi pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.